Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Pendahuluan

Sebelum masuk lebih dalam bagaimana cara menghasilkan uang dari blog, ada baiknya anda memahami apa itu blog dan bagaimana cara membuatnya.

Apa Itu Blog?

Blog adalah salah satu jenis website, dimana didalamnya membuat berbagai macam informasi. Informasi ini bisa acak hingga sangat spesifik membahas perihal tertentu. Contohnya blog tentang teknologi akan membahas spesifik tentang teknologi saja.

Jika diperhatikan, anda dapat menemukan halaman blog dari website Wevelope.

blog wevelope
Wevelope – Halaman Blog

Bagaimana Cara Membuatnya?

Cara membuat blog ada berbagai macam cara, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks sekalipun. Untuk mempersingkat, kami membaginya menjadi dua.

Metode Gratis

Semakin lama, membuat blog semakin mudah. Ada banyak platform yang menyediakan blog gratis. Berikut ini platform yang dapat digunakan untuk membuat blog gratis:

  1. WordPress
  2. Blogger
  3. Tumblr
  4. Wix
  5. Medium

Kendati demikian, menggunakan metode gratisan bukan berarti tidak ada kelemahannya. Berikut kelemahannya yang perlu anda perhatikan:

  1. Tidak bisa menggunakan Top Level Domain
  2. Tidak terlalu diprioritaskan oleh Google dalam SEO
  3. Menaikkan SEO butuh usaha ekstra
  4. Terlihat tidak profesional

Metode Berbayar

Berbeda dengan metode gratisan, walaupun berbayar ada yang terjangkau hingga perlu dana cukup tinggi. Semua bergantung dari dana anda. Mulailah dari yang paling terjangkau dengan dana saat ini. Jangan terlalu memaksakan mendapatkan yang sempurna, karena nanti malah akan tidak maksimal.

Menggunakan Bantuan Platform Pihak Ketiga

Untuk membuat blog dengan platform hampir semua yang sudah disebutkan diatas ada paket berbayar. Berikut platform yang bisa digunakan:

  1. WordPress
  2. Blogger
  3. Wix
  4. Google Sites

Lalu apa bedanya jika menggunakan paket berbayar? Anda dapat menggunakan Top Level Domain seperti: .COM, .CO.ID, dsb sesuai dengan domain yang anda beli. Domain sendiri memiliki kisaran harga Rp150.000 – 300.000, bergantung dari ekstensinya.

Kami pernah membahas bagaimana Membuat Website Company Profile Dengan Google Sites, dimana menjelaskan dasar menggunakan Google Sites. Dengan kemampuan tersebut, anda dapat mengembangkan menjadi sebuah blog sederhana.

Membuat Sendiri

Pilihan ini jauh lebih mahal daripada menggunakan platform yang sudah ada. Buat yang memiliki dana terbatas baiknya anda menggunakan platform pihak ketiga saja.

Tetapi jika ingin membuat sendiri kami merekomendasikan beberapa macam CMS pilihan yang siap install yaitu:

  1. WordPress.ORG
  2. Joomla
  3. Drupal
  4. Buat Dari NOL

Sudah bisa ditebak, yang paling mahal adalah nomor 4. Kami sarankan untuk menggunakan WordPress saja, karena banyak digunakan oleh para blogger. Selain itu lebih mudah dan murah untuk mencari developer yang mampu memperbaiki website anda jika sewaktu-waktu terjadi masalah.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang kisaran harga untuk membuat website dapat membaca kesini Estimasi Biaya Pembuatan Website

Kami juga pernah membuat sebuah artikel bagaimana cara membuat website tanpa coding dengan menggunakan WordPress.ORG.

Traffic

Setelah website sudah siap, saatnya mencari traffic. Website tidak akan ada gunanya jika tidak ada pengunjungnya. Jika tidak ada pengunjung, terjadinya sebuah penjualan atau usaha untuk mendapatkan uang akan lebih sulit terjadi. Mari belajar sedikit mengenai traffic website.

Untuk pembahasan mendalam tentang traffic dapat membaca Apa Itu Traffic Website?

Apa Itu Traffic?

Lalu lintas atau traffic jika ditulis dalam Bahasa Inggris adalah perpindahan sebuah kendaraan atau manusia dari satu titik ke titik lain.

Berbeda dengan lalu lintas/traffic pada dunia nyata, pada dunia maya adalah perpindahan pengunjung dari satu website ke website lain adalah termasuk traffic. Bahkan pengunjung yang mengunjungi sebuah website tanpa menggunakan browser, misalnya menggunakan terminal atau CLI(Command-line interface) adalah termasuk traffic.

Mengapa Penting?

Traffic menjadi begitu penting karena tidak ada sebuah website yang tidak memiliki pengunjung untuk dapat sukses menawarkan produk atau mencapai tujuannya.

Contohnya kami ingin menawarkan sebuah Jasa Pembuatan Website di Surabaya, mustahil untuk mendapatkan kerja sama melalui website tanpa adanya traffic yang tinggi. Inilah gunanya traffic untuk website. Bahkan, website yang tinggi traffic-nya dapat digunakan sebagai alat propaganda yang efektif.

Bagaimana Cara Mendapatkan Traffic?

Sebagian besar website yang kurang traffic, penyebabnya adalah kurangnya konten yang menarik. Ada beberapa channel yang dapat digunakan untuk meningkatkan traffic website anda yaitu:

  1. Search Engine Optimization(SEO)
  2. Social Media
  3. Forum

Khusus untuk post ini, kami akan menggunakan SEO sebagai channel utama untuk mendapatkan traffic.

Konten

Konten adalah salah satu sumber yang dapat menarik pengunjung untuk mengunjungi website anda. Dengan anda memberikan bantuan berupa konten, pengunjung akan rela untuk datang kembali. Bantuan ini berupa:

  1. Konten Edukatif
  2. Konten Video
  3. Konten Receh
  4. Konten Menghibur
  5. dsb

Jadi, kata “membantu” ini sangatlah luas. Bahkan anda hanya mengumpulkan link website-website menarik, bisa sangat membantu mereka. Apalagi jika ditambah review, karena pada dasarnya mereka malas membuang-buang waktu dengan mencobanya sendiri.

Dengan adanya konten tersebut, diharapkan dapat mempersingkat proses memutuskan mereka.

Cara Menulis Konten yang Baik

Konten yang baik adalah konten yang dapat memberikan sesuatu yang mereka cari, entah itu hiburan, edukasi, dsb. Jadi, selalu fokus untuk membantu mereka, bukan asal membuat konten saja.

Jenis-Jenis Konten

Untuk memudahkan anda dalam membuat konten, ada beberapa jenis konten yang bisa anda terapkan:

  1. Konten Tutorial
  2. Konten Berbentuk List
  3. Konten Contoh Kasus
  4. Konten Kumpulan Pertanyaan
  5. Konten Penjelasan Lengkap
  6. Konten Infografik

Search Engine Optimization(SEO)

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, ada banyak cara untuk mendapatkan sumber traffice. SEO hanyalah salah satunya saja.

Dalam artikel ini kami hanya akan membahasa mendapatkan traffic melalui metode SEO.

Apa Itu SEO?

Search Engine Optimization adalah sebuah usaha untuk memperbaiki relevansi sebuah website atau bagian website pada kata kunci tertentu. Hasil akhirnya adalah website anda sering muncul di halaman pertama Google, dengan harapan goal yang anda inginkan dapat tercapai.

cara kerja seo
Cara Kerja SEO Secara Sederhana

Dua Bagian Penting SEO

Teknik SEO terbagi menjadi dua kategori besar yaitu On-Page SEO dan Off-Page SEO.

On-Page SEO

Semua usaha yang dilakukan didalam website ybs untuk meningkatkan relevansi website untuk keyword-keyword tertentu. Jadi, On-Page SEO lebih berusaha secara internal, yaitu didalam website atau blog.

Lalu apa saja hal-hal yang perlu dibelajari tentang On-Page SEO:

  1. Analisa Keyword: supaya dapat membuat konten yang tepat sasaran
  2. Internal Linking Building: supaya memudahkan pembaca dalam mencari informasi terkait
  3. URL yang Mudah Dipahami: Google akan lebih memprioritaskan URL yang mudah dipahami. Contohnya /cara-menghasilkan-uang-diinternet lebih mudah dibaca dan dipahami daripada /post?id=105
  4. Konten yang Menarik: Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, konten yang menarik adalah konten yang dapat menjawab kebutuhan pembaca
  5. Menggunakan Meta Description: Google Search akan menampilkan kalimat yang ada di Meta Description. Ini akan

Kami akan menjelaskan semua teknik diatas dilain kesempatan.

Adapun beberapa tools yang dapat membantu anda untuk melakukan analisa terhadap website kompetitor ataupun website anda sendiri.

Analisa Keyword

Berikut beberapa tools gratis untuk melakukan pengecheckan kata kunci, bahkan sampai menganalisa kata kunci kompetitor anda.

  1. Ahref
  2. UberSuggest
  3. KeywordTool.IO
  4. Google Keyword Planner

Kami pernah menuliskan bagaimana cara menganalisa keyword sehingga dapat membantu anda membuat konten yang tepat:

Analisa Kecepatan Website

Kecepatan website adalah salah satu tolak ukur apakah google search akan memprioritaskan website anda atau tidak. Untuk melakukan pengecheckan kecepatan pad website anda, berikut beberapa tools nya:

  1. GTmatrix
  2. PingDom
  3. SiteChecker.PRO

Off-Page SEO

Semua usaha yang dilakukan diluar website internal untuk meningkatkan domain authority. Topik pembahasan paling banyak untuk teknik ini adalah Backlink Building.

Backlink(atau sering disebut juga “inbound links” atau “incoming links”) adalah link dari suatu website ke sebuah halaman website lain. Contohnya ada Website A memberikan link yang mengarah ke website Wevelope. Itu adalah satu buah backlink untuk website Wevelope.

Semakin banyak backlink yang mengarah ke website ybs, akan semakin bagus. Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan ada backlink yang bagus dan ada backlink yang tidak bagus.

Backlink yang sifatnya manipulatif dengan harapan untuk meningkatkan backlink sebuah website akan berakibat buruk. Contohnya seperti melakukan spamming link ke semua website.

Mendapatkan backlink yang berkualitas memang cukup memakan waktu, oleh karena itu lebih baik fokus membuat konten yang bermanfaat(On-Page SEO), daripada melakukan manipulasi backlink.

Berikut ini beberapa tips untuk mendapatkan Backlink yang berkualitas:

Guest Post

Pada dasarnya kita akan menyumbangkan sebuah artikel ke sebuah website orang lain, dan menambahkan sebuah link ke website kita. Contohnya seperti link penulis yang mengarah ke website penulis tsb.

Paid Promote

Tidak jauh berbeda dengan Guest Post, hanya saja ini berbayar. Jadi kita membayar website orang lain, untuk memasang link kita.

Kolaborasi

Kolaborasi ini sangat luas, bisa saling membuat podcast dan membahasnya diwebsite, atau saling menulis satu dengan yang lain.

Mengenal Google Search Console Untuk Optimasi Blog

Google Search Console adalah sebuaht tool yang disediakan oleh Google untuk memonitor SEO sebuah website. Dengan Google Search Console, anda dapat:

  1. Mengetahui berapa jumlah klik dan impresi setiap harinya.
  2. Mengetahui kata kunci apa saja yang membuat website anda naik.
  3. Mengetahui halaman apa saja yang sering di-klik.
  4. Mengetahui website mana saja yang menambahkan link ke website anda.

Berikut contoh tampilan dari Google Search Console

Search Engine Marketing(SEM)

Search Engine Marketing(SEM) hampir sama dengan SEO, tetapi bedanya anda membayar google untuk menempatkan website anda dihalaman pertama.

Search Engine Marketing - SEM
Contoh Hasil Search Engine Marketing

Jadi, singkatnya kita membayar untuk beriklan di google. Produk ini disebut Google Adword.

Penggunaan iklan ini dapat mempercepat proses indexing dan sekaligus dapat digunakan untuk testing sebuah artikel, apakah artikel tersebut cukup mendapatkan traffic atau tidak.

Namun solusi ini sifatnya hanya sementara, kecuali memang anda memiliki budget berlebih yang dapat dialokasikan untuk ini.

Tujuan akhir menggunakan iklan adalah supaya akhirnya traffic organik datang dengan sendirinya.

Jadikan Blog Sebagai Mesin Uang!

Sebelum anda masuk ke tahap ini, pastikan blog anda sudah mendapatkan cukup traffic. Minimal 1 pengunjung per hari.

Karena pada akhirnya jumlah pengunjunglah yang menentukan tinggi rendahnya penghasilan yang didapatkan dari sebuah blog.

Berapa Pendapatan Rata-Rata Blogger?

Pendapatan blogger untuk niche luar negri dengan dalam negri tentu berbeda. Menurut survei yang kami lakukan rata-rata pendapatan blogger dengan niche Indonesia berkisaran Rp300.000 – 3.500.000/bulan untuk 1000 pengunjung per hari.

Angka diatas hanyalah rata-rata, semua bergantung dari niche. Pendapatan tersebut tidak hanya melalui jaringan iklan saja, tetapi juga afiliasi yang akan kami bahas sesaat lagi.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Ada berbagai macam bisnis model untuk mendapatkan uang melalui blog atau website. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah goal yang ingin dicapai untuk setiap kerja sama dengan pihak ketiga.

Sebagai contoh Google Adsense yang sangat populer dikalangan blogger adalah anda akan dibayar jika iklan dari Google Adsense diklik oleh pengunjung anda.

Bahkan, ada yang melakukan trik curang, dengan melakukan klik diiklan sendiri. Hati-hati, hal ini akan membuat akun anda diban. Selalu junjung tinggi kejujuran dan keadilan, karena kita pasti ingin mendapatkan penghasilan untuk jangka panjang. Bukan hanya jangka pendek dimana mendapatkan banyak di bulan-bulan pertama, lalu selanjutnya diban.

Berikut ini gambar sederhana bagaimana Google Adsense bekerja:

posisi iklan google adsense
Google Adsense

Setiap kali pengunjung mengklik blok Iklan Google, maka anda akan mendapatkan komisi dari google.

Macam-Macam Pendapatan Blogger

Google Adsense adalah salah satu bisnis model untuk mendapatkan pendapatan dari blog atau sebuah website. Kami akan menjelaskan tipe-tipe bisnis model yang dapat anda terapkan di blog anda:

Iklan Pihak Ketiga

Memasang iklan dari jaringan periklanan seperti Google Adsense. Kita hanya cukup memasang sebuah potongan kode, dan website kita akan muncul iklan-iklan dari jaringan periklanan tersebut.

Google Adsense hanyalah salah satunya, masih banyak pilihan lain selain Google Adsense.

Jadi, jangan khawatir jika seandainya website anda ditolak oleh Google Adsense.

Perlu diingat, untuk mulai memasang iklan untuk jenis ini, sebaiknya kembangkan dulu traffic website anda sampai 100 pengunjung per hari.

Iklan Langsung

Langsung melakukan iklan terhadap perusahaan yang ingin beriklan diwebsite kita. Berbeda dengan Google Adsense, iklan langsung ini berarti anda langsung melakukan kesepakatan ke perusahaan ybs tanpa melalui pihak ketiga.

Pembiayaannya biasanya per durasi waktu, ada yang per minggu ataupun per bulan. Semua bergantung kesepakatan.

Cara kerjanya pun cukup sama, dimana banner akan diletakkan sesuai dengan kesepakatan dan berapa lama akan berada disana.

Affiliate / Afiliasi

Anda akan mendapatkan penghasilan jika ada yang melakukan sesuatu, sesuai dengan kesepakatan dengan website afiliasi.

Contohnya afiliasi akan membayarkan anda jika ada yang melakukan registrasi saja. Registrasi hanyalah sebuah contoh, ada juga yang dibayar jika terjadi penjualan.

Ada berbagai macam model dalam affiliasi. Berikut ini kami rangkum macam-macam model affiliasi:

  • Melakukan registrasi
  • Melakukan download
  • Melakukan pembelian
  • Melakukan pengisian survei
  • Melakukan subscribe

Jadi setiap kali pengunjung yang mengunjungi link affiliate anda dan melakukan aksi tersebut, anda akan mendapatkan komisinya. Untuk mengetahui cara kerjanya secara singkat kami telah membahasnya di artikel Cara Kerja Affiliate Marketing(Singkat 5 Menit Paham)

Sponsored Content

Dengan tingginya traffic website anda, pasti ada beberapa website yang tertarik untuk melakukan promosi lewat artikel. Biasanya disebut juga konten marketing.

Tidak jarang bukan melihat sebuah website membuat sebuah artikel yang blak-blak-an menyebutkan suatu brand didalam artikelnya. Ini bisa jadi Sponsored Content. Konten yang memang dibayar untuk dipasang disana.

Penjualan

Dan terakhir adalah anda sendiri yang menjual produk anda, baik berupa jasa ataupun produk. Untuk jenis bisni model ini relatif lebih tinggi penghasilannya daripada 4 poin sebelumnya.

Profit margin anda sendiri yang menentukan. Diskon dan promo-promo menarik lainnya bebas anda buat sendiri.

Buat Blog Anda Sekarang!

Bagaimana? Apakah anda cukup tertarik untuk membuat blog atau website anda sendiri yang dapat menghasilkan uang untuk anda? Jika anda membutuhkan bantuan ataupun konsultasi, kami memberikan konsultasi gratis.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal ini bisa kunjungi Jasa Pembuatan Website

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code