Apa Itu SEO(Search Engine Optimization)?

Sebelum anda mengetahui apa itu Search Engine Optimization, anda harus paham dulu apa itu Search Engine.

Apa Itu Search Engine?

Search Engine adalah sebuah software untuk mencari data berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Pemanfaatan Search Engine sudah ada sejak lama dan macam-macam sekali bentuknya. Contoh pada Window anda dapat mengetikkan langsung program yang ingin anda cari. Pada kasus ini kriterianya adalah dari Kata Kunci.

Untuk software berbasis website, Search Engine paling populer saat ini adalah Google. Cara kerjanya mirip seperti di Window, dimana anda cukup mengetikkan kata kunci yang anda cari, maka website-website yang paling relevan akan muncul.

Apa Itu Search Engine Optimization?

Search Engine Optimization adalah sebuah usaha untuk memperbaiki relevansi sebuah website atau bagian website pada kata kunci tertentu. Hasil akhirnya adalah website anda sering muncul di halaman pertama Google, dengan harapan goal yang anda inginkan dapat tercapai.

Goal-goal ini sangat bermacam-macam, bergantung setiap website. Ada yang hanya ingin traffic saja, ada juga yang ingin melakukan branding, ada juga untuk meningkatkan penjualan.

cara kerja seo

Teknik-Teknik Pada SEO

Sebenarnya tidak terlalu banyak teknik dasar pada SEO. Kami membaginya menjadi 2 saja yaitu:

  1. On Page SEO: Semua usaha yang dilakukan didalam website ybs untuk meningkatkan relevansi website untuk keyword-keyword tertentu.
  2. Off Page SEO: Semua usaha yang dilakukan diluar website ybs untuk meningkatkan domain authority
  3. Technical SEO: Technical SEO adalah proses pengoptimalan berbagai aspek teknis dalam sebuah situs. Fungsinya yaitu meningkatkan peringkat halaman tersebut di search engine. Jadi, strategi yang satu ini tidak berkaitan langsung dengan keyword. Kenapa Technical SEO ini dibutuhkan? Google selalu mengevaluasi kualitas website dari beberapa faktor. Beberapa faktor berdasarkan user experience (UX), contohnya seperti kecepatan load website. Sebenarnya Technical SEO sebendiri masih bagian dari On Page SEO.
    seo - diagram teknikal seo technical seo
  4. Local SEO: Local SEO merupakan teknik untuk mempromosikan bisnis anda untuk area lokal yang lebih spesifik. Bila anda memiliki bisnis lokal di lokasi tertentu, Local SEO akan memberikan “sinyal” pada Google agar pelanggan setempat dapat menemukan bisnis anda. Contohnya adalah dengan mentarget keyword “Jasa Pembuatan Software Surabaya” daripada “Jasa Pembuatan Software”. Persaingan anda otomatis akan diarea “surabaya” saja. Kami pernah membahasnya di Cara Praktis dan Mudah Agar Website Muncul di Halaman Pertama Google

Perbedaan Technical SEO dan On Page SEO

On Page SEO merupakan teknik SEO yang memusatkan optimasi SEO dengan memperbaiki konten, keyword, desain, dan semua hal tentang website anda. Sifatnya adalah internal, bukan external.

Technical SEO sebenarnya adalah bagian dari On Page SEO, hanya saja cakupannya lebih ke teknis seperti HTML, SSL/HTTPS, kecepatan website, sitemap, dsb.

Manfaat SEO

SEO memiliki beberapa manfaat penting, antara lain:

  • Meningkatkan traffic website untuk jangan waktu yang lama
  • Traffic yang dihasilkan relatif tertarget dengan konten yang anda tulis/bahas
  • Menghemat biaya marketing
  • Meningkatkan brand awareness
  • Mampu menganalisis data konsumen
  • Meningkatkan penjualan bisnis

Apakah Anda Membutuhkan SEO?

SEO merupakan proses yang panjang, sehingga tidak tepat untuk mengharapkan hasil yang instan dari teknik ini. Bila anda perlu membangun brand atau bisnis anda dengan hasil yang maksimal dan bertahan lama tanpa takut diban oleh Google, maka anda perlu mempelajari SEO dan menerapkannya. Dengan menerapkan SEO, anda telah memulai investasi jangka panjang bagi kemajuan website atau bisnis anda.

Berbeda dengan bisnis yang hanya hit n run, dimana mengejar penjualan jangka pendek karena sedang trend saja, SEO tidak begitu cocok untuk anda. Contoh: Anda ingin menjual masker yang hanya ramai saat covid pertama kali muncul. Setelah itu, permintaan sangat turun.

Indikator Dalam Penilaian SEO

Terdapat beberapa indikator yang digunakan Google untuk menilai SEO, antara lain:

Relevance

  • Penggunaan kata kunci (keyword)
  • Topik konten
  • Struktur URL
  • Meta tag

Authority

  • Domain factor
  • Keamanan situs
  • Backlink
  • Web spam

Value

  • Search intent

User Experience

  • Desain dan struktur website
  • Kecepatan website
  • Optimasi gambar

Mengenal Istilah White Hat SEO dan Black Hat SEO

White Hat SEO merupakan hal apapun yang meningkatkan peringkat pencarian situs anda di halaman hasil mesin pencarian dengan tetap menjaga situs anda agar tetap mematuhi persyaratan mesin pencari. Untuk melakukan Teknik ini, pastikan anda membuat konten yang berkualitas sehingga banyak interaksi yang terjadi hingga meningkatkan peringkat situs anda.

Sebaliknya, Black Hat SEO merupakan hal apapun yang dilakukan untuk meningkatkan peringkat di hasil mesin pencarian dengan teknik yang melanggar aturan. Biasanya, hal yang dilakukan adalah dengan menginput segala kata kunci yang bahkan tidak berhubungan dengan situs atau konten anda. Sebaiknya teknik ini dihindari karena besarnya kemungkinan situs anda akan dihapus oleh mesin pencarian.

Apa itu PBN?

seo cara kerja private blog network pbn
Cara Kerja Private Blog Network(PBN)

Private Blog Network (PBN) adalah situs yang digunakan untuk membangun link sehingga dapat memberikan otoritas ke situs yang lain. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan peringkat suatu situs di halaman hasil pencarian. Cara kerjanya, ketika suatu situs memiliki banyak backlink, maka Google akan menilai situs tersebut berkualitas baik yang dibuktikan oleh banyaknya interaksi pengguna.

Risiko dan Bahaya Menggunakan PBN

Meskipun memiliki hasil yang instan, namun PBN memiliki beberapa kekurangan. Pembuatan PBN membutuhkan biaya yang cukup besar dan proses yang tidak sederhana. Selain itu, Google secara ketat mengawasi situs-situs yang mencurigakan, sehingga sangat mungkin untuk mendapat sanksi dari Google. Oleh karena itu, hindari melakukan hal-hal yang dilarang seperti membeli link bagaimanapun bentuknya, atau memasukkan link spam dengan tujuan meningkatkan peringkat website anda.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan anda telah memahami dasar-dasar dari SEO terlebih dahulu. Semoga berhasil.

Penutup

Setelah anda mengetahui cara kerja SEO, masih banyak hal-hal lain yang dapat dipelajari contohnya Cara Cek Traffic Website Orang Lain dimana ini akan berguna untuk analisa konten pada website anda.

Ada juga Cara Cek Backlink Website sehingga, anda bisa tahu darimana saja backlink itu berasal.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *