Cara Menghitung Google Adsense

Mungkin beberapa dari kalian penasaran bagaimana cara menghitung penghasilan Google Adsense dari sebuah website. Pada dasarnya Google Adsense akan memberikan komisi jika iklan yang mereka tampilkan di-klik oleh pengunjung. Jadi, semakin banyak pengunjung yang meng-klik iklan tersebut, maka akan semakin besar penghasilan sebuah website tersebut.

Oleh sebab itu, banyak yang melakukan kecurangan dengan melakukan klik sendiri terhadap iklan tersebut, atau bahkan membuat sebuah BOT yang akan melakukan klik dengan menggunakan VPN. Percayalah, sepat atau lambat, orang yang melakukan seperti itu akan di-ban permanen.

Rumus & Penjelasan Istilah

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas yaitu:

revenue = jumlah_klik * cpc

Penjelasan rumus:

  • revenue: Penghasilan yang didapatkan
  • jumlah_klik: Jumlah yang diklik oleh pengunjung
  • cpc: Kependekan dari Cost-Per-Click atau harga perklik jika iklan diklik

Tetapi rumus diatas kurang begitu digunakan, karena untuk mengetahui jumlah_klik cukup sulit. Biasanya pengguna Google Adsense lebih suka mengukurnya menggunakan Page View. Berikut ini alur perhitungan menggunakan Page View:

  1. Tentukan Page View
  2. Konversi Page View ke Klik dengan nilai CTR(nanti akan dijelaskan)
  3. Setelah mengetahui jumlah klik, maka kembali ke rumus seperti diatas yaitu revenue = jumlah_klik x cpc

Jadi, berikut jika dirumuskan:

revenue = jumlah_klik x cpc
revenue = (page_view * ctr) * cpc // Menggunakan page view

Penjelasan rumus:

  • revenue: Penghasilan yang didapatkan
  • page_view: Jumlah page view. Nilai ini bisa dilihat dari Google Analytics ataupun website pihak ketiga yang dapat mengecheck statistik website kalian.
  • ctr: Kependekan dari Click-Through Rate, dimana berapa persen orang akan melakukan klik terhadap iklan. Jadi jika misalkan diisi 100%, maka semua orang akan mengeklik. Nilai rata-rata CTR adalah 0.5% – 3%.
  • cpc: Kependekan dari Cost-Per-Click atau harga perklik jika iklan diklik

Hitung Sendiri

Daripada menghitung manual, kami sudah membuatkan kalkulator untuk memudahkan perhitungan. Semua nilai disini adalah nilai default yang sudah disesuaikan dengan nilai rata-rata klik pada Negara Indonesia.

Penutup

Bagaimana? Apakah cukup jelas? Jika anda ingin widget serupa di website anda. Team Wevelope dapat membantu membuatkan widget tersebut.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code