Membuat Website Dengan Google Sites

Membuat website company profile tidak harus paham coding. Ada beberapa tools gratisan yang bisa anda manfaatkan untuk membuat website. Salah satunya adalah Google Sites, sebuah platform buatan Google.

Apa Itu Google Sites?

Google Sites adalah sebuah platform untuk dapat membuat sebuah website tanpa harus paham pemprograman. Platform ini disediakan gratis oleh google. Selama anda memiliki akun Google, anda dapat menggunakan platform ini. Team kami pernah mencoba membuat sebuah Landing Page dengan menggunakan Google Sites dan hasilnya cukup menyerupai yang asli.

Tampilan Landing Page Shopee – Dibuat Dengan Google Sites

Anda dapat klik disini untuk melihat hasilnya.

Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan?

Untuk dapat membuat Google Sites, ada baiknya anda mempersiapkan:

  1. Akun Google
  2. Desain Website
  3. Domain(Tidak harus)

Pengenalan Google Sites

Silakan menuju ke Google Sites. Anda akan disuguhkan tampilan seperti dibawah ini.

Tampilan Awal Google Sites

Kotak pertama menampilkan semua tema yang disediakan oleh Google. Jadi, anda tidak perlu repot-repot untuk membuat dari awal. Walaupun anda tetap bisa memilih Blank untuk memulai projek dengan halaman kosong. Anda dapat lebih bebas berkreasi dengan halaman kosong.

Kotak kedua menampilkan projek-projek website yang sudah pernah anda buat, baik yang sudah dipublikasikan ataupun belum.

Memilih Tema

Pada bab sebelumnya sudah disinggung sedikit tentang tema. Tema yang disediakan oleh Google cukup banyak pilihannya.

Tampilan Tema Google Sites

Anda dapat memlih tema sesuai dengan kebutuhan. Gambar diatas masih sebagian saja, masih banyak lagi pilhannya. Seharusnya dari tema tersebut sudah cukup membantu untuk membuat website yang cantik.

Kalaupun jika anda tidak cocok sama sekali dengan tema yang disediakan, anda dapat mengubahnya sehingga sesuai dengan kebutuhan anda.

Pengenalan Web Builder Google Sites

Pada bab ini, anda akan kami ajak untuk mengenal lebih jauh tentang tool-tool yang disediakan oleh Google Sites dalam mambantu anda membuat website.

Google Sites – Tampilan Web Bilder

Menu

Pada bagian kiri, tersedia banyak menu-menu yang dapat membantu anda dalam membuat website.

Google Sites – Menu

Komponen standart

Kotak nomor 1 menunjukkan komponen standart yang dapat anda gunakan untuk membuat website.

Google Sites – Menu 2

Layout

Kotak nomor 2 menunjukkan layout apa saja yang dapat anda tambahkan pada projek anda. Pada dasarnya website anda akan tersusun dari beberapa layout yang rapi. Sehingga menampilkan website yang cantik dan mudah dipahami.

Komponen lanjutan

Jika anda scroll kebawah, anda dapat melihat banyak lagi komponen yang dapat anda pakai. Jika tidak ada yang cocok dengan layout yang sudah disediakan. Anda tetap dapat membuat layout anda sendiri.

Google Sites – Komponen Lanjutan

Pages

Pada tab ini, anda dapat menambahkan halaman sebanyak yang anda mau. Tiap halaman dapat memiliki layout yang sama, ataupun berbeda sama sekali.

Google Sites – Pages

Tema

Anda dapat mengganti nuansa tema anda seperti logo, banner, font, dan warna.

Google Sites – Theme

Setting

Pada setting, anda dapat melakukan perubahan lebih lanjut seperti navigasi, gambar logo, google analytics, ataupun domain.

Google Sites – Settings

Membuat website dengan tema

Kali ini kita akan langsung mencoba membuat sebuah website langsung dengan menggunakan tema yang ada. Lalu kita akan ubah beberapa element sesuai dengan keinginan kita.

  1. Tema – Pilih tema. Kami akan memulai dengan memilih tema Project
  2. Judul – Untuk judul bisa coba diisikan Wevelope
  3. Sub Judul – Sedangkan sub-judul bisa diisikan misalkan Digital Agency For Your Business
  4. Background Banner – Untuk background bisa diset dengan gambar apa saja. Untuk mendapatkan background gratis bisa coba check Unsplash. Kami akan menggunakan foto ini sebagai contoh. Jangan lupa dilakukan resize supaya resolusi gambar tidak terlalu tinggi. Sehingga load website akan optimal. Kami akan melakukan resize dengan width 1000px saja.
  5. Untuk sisanya bisa diisikan sesuai dengan keinginan.
  6. Jika ingin melihat hasilnya bisa click Preview
  7. Karena hanya membutuhkan satu halaman saja, maka kami akan menghapus semua halaman yang tidak digunakan.

Setelah semuanya sudah sesuai dengan keinginan. Anda dapat mempublikasikan website anda. Untuk penjelasan lebih lanjut bisa langsung ke sub-bab Mempublikasikan Website.

Mempublikasikan website

Setelah semua pengaturan dan penyusunan konten website sudah selesai. Anda dapat mempublikasikan website anda sehingga orang lain dapat mengaksesnya. Untuk mempublikasikan website ini ada 2:

  1. Tanpa Domain: Dimana website anda URLnya akan seperti ini https://sites.google.com/view/[nama-website]/[halaman-website]
  2. Dengan Domain: Dimana website anda URLnya akan menggunakan domain anda sendiri. Contoh: https://www.domainanda.com/[halaman-website]

Tanpa Domain

Jika mempublikasikan website tanpa menggunakan domain. Hasil akhir URL anda akan seperti ini https://sites.google.com/view/[nama-website]/[halaman-website]

Agak sedikit panjang dan kurang bagus untuk SEO jika memang anda ingin benar-benar dipakai untuk serius.

Berikut caranya untuk melakukan publikasi

  1. Klik tombol Publish pada pojok kanan atas
  2. Pada textbox Website Address isikan nama website anda. Ini yang nanti akan https://sites.google.com/view/[nama-website]
  3. Setelah mengisi textbox tersebut, click saja tombol Publish yang ada pada pojok kanan bawah.
  4. Setelah berhasil. Untuk melihat URL akhirnya click pada tombol rantai sebelah kanan tombol preview. Nanti akan muncul pop up berupa URL full nya.
  5. Untuk melihat hasil desain kami bisa klik sini

Dengan Domain

Jika mempublikasikan website menggunakan domain. Hasil akhir URL anda akan seperti ini https://namadomain.com/[nama-website]/[halaman-website]

Konfigurasi menggunakan domain ini cukup sulit bagi orang yang tidak terlalu paham tentang website. Berikut pengetahuan yang harus anda pahami sebelum melakukan konfigurasi ini:

  1. Paham apa itu Domain
  2. Paham apa itu DNS
  3. Paham bagaimana melakukan setting DNS

Selain itu anda harus memiliki Domain terlebih dahulu. Dimana anda harus membeli terlebih dahulu. Kisaran harganya pun sangat variatif mulai dari Rp200.000/tahun sampai Rp1.000.000/tahun bergantu ekstensi dari domain. Ekstensi adalah kumpulan huruf setelah dot(.) contoh .com, .org, .net, dsb.

Kalau anda sudah yakin paham maka pertama yang harus dilakukan adalah verifikasi domain supaya google mengetahui kalau domain yang anda miliki adalah milik anda.

Silakan masuk ke Setting > Custom Domain

Google Sites – Custom Domain

Click Start setup

Setelah anda memilih Start setup. Anda akan disuguhi dua pilihan

  1. Use a domain from a third party: Pilihan ini artinya anda sudah memiliki domain, tetapi pembeliannya bukan dari Google, tetapi dari luar google.
  2. Buy a domain: Pilihan ini artinya anda akan membeli domain di google.

Tutorial ini akan menjelaskan dengan memilih Use a domain from a third party. Pada dasarnya sama saja yaitu anda dapat melakukan setting DNS pada domain anda.

Google Sites – Beli atau Memiliki Domain Sendiri

Setelah memilih Use a domain from a third party, maka anda akan disuguhkan gambar seperti dibawah ini

Google Sites – Setup Doman

Jika ada tampilan seperti diatas, artinya anda harus melakukan verifikasi terlebih dahulu. Click verify your ownership.

Webmaster – Verify Ownership

Silakan pilih Other dan copy TXT tersebut. Disinilah letak yang cukup rumit. Silakan login ke DNS anda dan tambahkan nilai baru berjenis TXT dengan value diatas.

Jika mengalami kendala dengan metode menggunakan TXT anda bisa mencoba menggunakan CNAME.

Jika semuanya berhasil dengan baik maka akan muncul seperti ini

Webmaster – Verikasi Domain

Perlu diingat, saat anda menambahkan DNS, tidak serta merta Google akan langsung mengenali. Biasanya butuh waktu 1 – 10 menit. Jadi, jangan khawatir jika perubahannya tidak terdeteksi. Tunggu saja sebentar.

Setelah sukses, anda bisa kembali ke Google Sites. Lakukan pengetikan ulang, jika semuanya benar, maka tidak akan ada lagi pesan error tersebut seperti dibawah ini

Google Siste – Custom Domain Sudah Verifikasi

Silakan click Next

Google Sites – Setup CNAME

Silakan tambahkan DNS baru dengan nama CNAME dengan

  • NAME: gs atau bisa juga ditulis gs.domainanda.com.
  • TYPE: CNAME
  • RECORD: ghs.googlehosted.com. (Jangan lupa tanda . diakhir tulisan)

Seperti biasa saat anda menambahkan nilai baru pada DNS tidak akan langsung terdeteksi. Perlu menunggu sekitar 1 – 10 menit terlebih dahulu.

Jika semua pengaturan sudah berjalan dengan baik, maka anda sudah dapat mengakses domain tersebut secara langsung.

Google Sites – Custom Domain

Silakan diakses domain yang tertera disana. Dalam aksus ini kami menggunakan gs.wevelope.net. Jika tidak bisa diakses, mungkin butuh waktu beberapa menit lagi. Silakan coba beberapa menit lagi.

Penutup

Akhirnya tiba dibagian penutup. Dengan tutorial diatas, kami harapkan dapat membantu anda dalam membuat website secara mandiri. Sebenarnya ada lagi selain Google Sites yang cukup terkenal yaitu WIX. Jika anda berminat untuk belajar bagaimana cara membuat website menggunakan WIX bisa langsung Membuat Website Company Profile Dengan WIX

Jika masih kesulitan dalam membuat website, kami dapat membantu anda dalam membuat website profesional sesuai dengan karakter anda dan perusahaan anda. Untuk informasi lebih lanjut dapa dilihat Jasa Pembuatan Website di Surabaya

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code