Apa Itu Top Level Domain(TLD)?

Top Level Domain(TLD) adalah bagian akhir dari sebuah domain atau sering disebut ekstensi domain. Contoh: “wevelope.net” maka TLD adalah “.com”. Contoh lainnya adalah “google.com” TLD adalah “.com”. TLD sendiri ada berbagai macam seperti:

  • .com – untuk website komersial, tetapi dapat dipakai oleh website apapun.
  • .org – untuk organisasi.
  • .net – untuk jaringan (network).
  • .biz – untuk bisnis.
  • .info – untuk situs terkait informasi.

Serangan & Keamanan

Walaupun kelihatannya sederhana, TDL ini bisa digunakan sarang phishing oleh hacker. Phishing adalah sebuah teknik dimana penyerang akan membuat website menyerupai aslinya. Dengan begitu korban tidak akan curiga menggunakan website tersebut.

Tujuan hacker tidak lain dan tidak bukan untuk mengambil informasi berhaga seperti nomor kartu kredit, username, password, data pribadi, dsb.

Oleh sebab itu, tidak jarang website yang sudah populer membeli berbagai macam domain untuk mengunci para pembuat phishing ini. Contohnya saja facebook. Awalnya facebook hanya memiliki “.com”, tetapi sekarang mereka memiliki “facebook.co.id”, dsb. Bahkan Facebook juga membeli “fb.com”, dsb.

Jika dicheck ke registrar dan mengetikkan “facebook” maka kira-kira hasilnya akan seperti ini:

top level domain facebook
Facebook Domain

Kisaran Harga

Untuk kisaran harga domain sendiri bermacam-macam ada yang mulai dari Rp150.000 – Rp500.000/tahun. Kadang ada juga promo untuk tahun pertama hingga turun sampai Rp15.000/tahun.

top level domain contoh
Harga Doamin

Jika penasaran, bisa langsung ke website registrar manapun untuk mengetahui harga paling baru saat ini, karena setiap tahun mungkin ada penyesuaian harga.

Domain Kedaluarsa

Hal yang perlu diperhatikan adalah masa aktif dan kedaluarasa, karena jika sampai terlambat memperpanjang sebuah domain, harga domain akan melambung tinggi hanya untuk melakukan `pembaharuan. Apalagi domain tersebut sudah memiliki link dan traffic yang tinggi.

Domain Flipping

Bahkan ada yang berbisnis dalam ranah ini, mereka sering menyebutnya dengan Domain Flipping, sebuah proses beli domain terlebih dahulu untuk dijual lagi ke orang lain dengan harga yang lebih tinggi.

Domain Flipping ini bisa memberikan profit yang lumayan tinggi. Bayangkan harga domain normal adalah berkisar Rp150.000 – Rp500.000/tahun seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Menjual domain dengan nama yang bagus dapat dijual lebih tinggi daripada harga diatas rata-rata Rp1.500.000 hingga tak terbatas.

Menurut catatan sejarah, nama domain yang terjual dengan harga termahal adalah CarInsurance.com yang terjual dengan harga $49.7 juta atau setara dengan Rp720.650.000.000(720 miliar rupiah) dengan asumsi harga dollar adalah Rp14.000/dollar

Ekstensi Domain Alternatif

Karena sudah banyaknya ekstensi domain .COM yang digunakan. Mencari nama domain yang bagus dengan ekstensi domain tersebut cukup sulit. Berikut ini beberapa ekstensi domain yang dapat dipertimbangkan untuk kebutuhan anda.

Ekstensi Domain .CO

Ekstensi domain yang paling mendekati dengan .COM. Masih banyak nama-nama yang tersedia dengan ekstensi domain ini.

Ekstensi Domain .COM Dengan Awalan

Ini adalah tips dalam memilih nama domain dengan tetap mempertahankan .COM yaitu dengan menambahkan kata kerja didepannya. Contoh: yukkerja.com, dengankami.com, dsb

Ekstensi Domain .IO

Ekstensi domain ini cocok untuk perusahaan teknologi. IO dalam dunia komputer adalah Input/Output atau sering disingkat dengan I/O.

Ekstensi Domain .APP

Cocok untuk perusahaan yang bergerak dibidang applikasi. APP adalah singkatan dari application.

Ekstensi Domain .AI

Dalam dunia teknologi AI singkatan dari Artificial Inteligent. Saat ini AI sedang mendapatkan tempat khusus. Kami yakin 2-5 tahun lagi, AI akan menjadi sangat populer. AI akan mengambil alih hampir hampir semua pekerjaan manusia yang berulang.

Ekstensi Domain .SO

Ekstensi domain ini sangat populer semenjak digunakan oleh Notion, sebuah perusahaan yang dapat memudahkan anda mengorganisasikan catatan-catatan penting dan berkolaborasi dengan tim. Cocok untuk perusahaan teknologi

Ekstensi Domain .XYZ

Sangat cocok untuk perusahaan ataupun startup yang bergerak dibidang Cryptocurrency, Web3, Fintech.

Ekstensi Domain .TO

Cocok untuk media yang bergerak dibidang teknologi. Kendati demikian TO mungkin akan terlihat mirip dengan IO jika dibaca sekilas.

Ekstensi Domain .SH

Dalam Operating System(OS) linux, SH adalah kependekan dari Shell sebuah script yang dapat membantu pengguna dalam melakukan operasi-operasi terminal secara otomatis. Ekstensi domain ini sangat cocok untuk proyek-proyek open source ataupun aplikasi yang dapat membantu para developer.

Ekstensi Domain .RUN

Masih dengan OS linux, RUN sendiri adalah ekstensi file yang dapat dijalankan seperti halnya pada OS Window yaitu .exe. Kendati demikian RUN tidak harus berkaitan dengan dunia teknologi, ektensi ini mungkin juga cocok untuk cabang olah raga lari atau sejenisnya.

Penutup

Bagaimana? Apakah sudah cukup jelas apa itu domain dan fungsinya? Jangan lupa, setelah anda memiliki domain, ada baiknya anda belajar Cara Meningkatkan Traffic Website

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code