Cara Menaikkan Website di Google

Untuk menaikkan website anda hingga ke halaman pertama atau bahkan peringkat pertama, anda tidak bisa hanya menulis artikel sembarangan dan berharap menjadi yang pertama. Anda harus punya strategy untuk melakukannya.

Sebelum masuk ke langkah-langkah meningkatkan peringkat SEO halaman website anda. Anda harus mengenal sedikit tentang SEO. Tidak perlu terlalu detail, cukup sedikit saja. Supaya tidak terlalu kehilangan arah.

Tentang SEO

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization. Sebuah usaha untuk menaikkan peringkat halaman webstie anda di urutan pertama. Usaha ini macam-maca. Biasanya dalam dunia SEO diberakan menjadi 2 jenis teknik:

  1. In-Page SEO – Usaha mengoptimalkan halaman website anda dari faktor internal. Seperti tampilan, kecepatan load website, gambar, dsb.
  2. Off-Page SEO – Usaha mengoptimalkan halaman website anda dari faktor external. Salah satu contohnya adalah dimana website lain mereferensikan website anda sebagai acuan. Acuan ini berupa hyperlink. Teknik ini sering disebut backlink.

Mengenal Istilah-Istilah Internet dan SEO

Sebenarnya banyak sekali istilah-istilah dalam dunia SEO, tetapi kami akan menjelaskan hanya 2 saja untuk artikel ini, karena dengan ini sudah cukup bisa meningkatkan urutan website anda.

Traffic

Traffic dalam Bahasa Indonesia adalah lalu lintas. Dimana artinya adalah keluar masuknya pengunjung ke website anda sudah terhitung traffic. Jika ada yang mengatakan “Berapa jumlah traffic websitemu?” maka artinya dia bertanya berapa jumlah lalu lalang pengunjung yang keluar masuk ke website anda.

Bounce Rate

Bounce Rate adalah berapa banyak pengunjung yang masuk ke website anda, lalu tidak lama keluar. Semakin tinggi bounce rate nya, semakin jelek secara pengukuran matriksnya. Itu bisa menunjukkan bahwa website anda tidak relevan sesuai yang pengunjung cari, tetapi bukan berarti website anda jelek sepenuhnya. Hanya tidak relevan saja. Mungkin saja salah target market atau salah keyword.

Cara Kerja SEO

Cara kerja SEO sebenarnya sederhana, yaitu halaman website yang banyak dikunjungi maka artinya cukup relevan dan dicari oleh user.

cara kerja seo
Alur Sederhana SEO

Biasanya yang menjadi permasalahan terbesar adalah, bagaimana mungkin sebuah website baru bisa muncul dihalaman pertama?

Kami akan menjelaskan sesederhana mungkin dengan bahasa yang sederhana.

Langkah-Langkah Menaikkan Peringkat Website

Anda perlu strategi untuk bisa naik ke halaman pertama. Caranya ada banyak, bisa menggunakan paid traffic, bisa juga menggunakan organik. Dalam artikel kali ini kami akan membahas bagaimana bisa naik secara organik. Perlu diingat, organik bukan berarti gratis. Memang gratis secara uang, tetapi sebagai gantinya anda harus mengorbankan yang namanya waktu. Karena SEO perlu proses dan waktu. Google juga perlu melakukan indexing dan ranking domain baru anda.

Kira-kira yang akan kita lakukan adalah seperti ini:

mencari keyword turunan
Strategy Menaikkan SEO Halaman Website
  1. Tentukan keyword Goal yang akan ditarget menjadi peringkat nomor 1 di google.
  2. Breakdown keyword menjadi lebih detail dan long tail. Nanti akan kami bahas lebih detail.
  3. Menangkan artikel-artikel di keyword long tail. Dengan begitu anda anda mendapatkan sedikit traffic dan pamor di mata Google.
  4. Ulang secara rutin nomor 2 dan 3.
  5. Pastikan selalu menambahkan link terkait disetiap artikel anda. Supaya pengunjung juga dimudahkan dalam membaca. Jika memungkinkan, link juga menuju ke artikel-artikel kunci yang akan mendukung nomor 1.

Sudah paham? Setelah paham, kita akan mulai breakdown setiap tahap.

Pastikan Website Anda Sudah Memiliki Fitur Ini

Sebelum memulai melakukan optimasi, pastikan website anda sudah memiliki fitur-fitur dibawah ini. Karena ini akan sangat mempengaruhi SEO anda. Ini harus dilakukan secara rutin dan disiplin. Jangan sampai malas melakukan hal ini:

  1. Pastikan website anda sudah support Responsive Website
  2. Pastikan website anda sudah terpasang SSL/HTTPS dengan baik
  3. Pastikan website anda dapat memuat halaman website dengan kecepatan optimal. Tidak terlalu lambat. Baca selengkapnya untuk mengetahui Cara Meningkatkan Kecepatan Website anda.
  4. Pastikan selalu mengisi <title></title> dengan format yang konsisten. Misalkan [judul] - [nama brand] maka seterusnya harus seperti itu.
  5. Pastikan selalu mengisi <meta name="description"></meta>. Meta yang anda isi harus yang ada di website anda. Sesuatu paragraf yang menjadi kadidat kuat untuk ditampilkan di pencarian google. Jangan melakukan spamming di meta description. Percuma, google cukup canggih untuk mendeteksi hal ini.
seo - meta description
Hasil Pencarian Google

Research Keyword

Seperti pada gambar Strategy Menaikkan SEO Halaman Website dimana anda perlu menentukan keyword target yang akan ditujuh. Ini adalah keyword tujuan dimana website anda harus muncul dihalaman pertama.

Untuk menentukan keyword goal ini cukup berbeda-beda untuk setiap website, bergantung dari tujuannya. Contoh anda ingin menjual sepatu. Mungkin keyword yang cocok adalah “Jual sepatu”. Atau mungkin anda ingin berjualan tas, bisa juga “Jual tas”

Tools

Ada pun beberapa alat bantu yang dapat anda gunakan untuk membantu anda melakukan pencarian keyword ini. Namanya adalah Google Keyword Planner.

google keyword planner
Google Keyword Planner

Tentukan cakupan jasa atau produk anda

Ada baiknya anda memulai dari pencarian lokal saja. Contoh perusahaan anda berdomisili di Surabaya, maka baiknya keywordnya adalah “jual sepatu surabaya”. Ini akan menjadi permulaan yang baik untuk mendukung keyword “jual sepatu” anda.

Lakukan Teknik Reverse Enginering

Reveser Enginering atau Backward Enginering atau Back Enginering adalah sebuah teknik pada jurusan enginering untuk mengetahui sebuah proses yang dilakukan sebuah aplikasi atau device yang sudah jadi. Contohnya anda ingin membuat kursi, lalu akan kita tarik mundur sebelum menjadi kursi, proses apa saja yang dilakukan. Jalannya adalah mundur ya, dari kursi ke bahan baku. Oleh karena itu disebut Reverse.

Kalau dalam dunia SEO, anda perlu melakukan Reverse dimulai dari pengunjung. Apa yang akan dilakukan customer untuk dapat sampai ke website anda. Contoh anda berjualan sepatu dan akan mencari pengunjung yang mencari sepatu:

  1. Membuka Google
  2. Mengetikkan “jual sepatu” atau “jual sepatu olah raga”
  3. Website anda tampil nomor 1 atau 2, dsb.

Atau mungkin anda ingin menyasar orang-orang yang mungkin sedang tertarik membeli sepatu:

  1. Membuka Google
  2. Mengetikkan “sepatu terbaru” atau “sepatu untuk pesta”
  3. Website anda tampil nomor 1 atau 2, dsb.

Teknik Reverse Enginering ini tidak terbatas untuk SEO saja, anda juga dapat mengimplementasikan teknik ini hampir di media manapun. Anda bisa menggunakan di social media, brosur, dll.

Tentukan Target Keyword

Seperti yang sudah kami jelaskan, tentukan Goal Keyword anda. Goal Keyword anda tidak harus 1(satu), bisa lebih dari satu. Tentu dengan banyaknya keyword, maka break down dari keyword tersebut akan banyak pula. Anda harus siap dengan konten-koten pendukungnya.

Break Down Target Keyword

Setelah menemukan Goal Keyword, anda perlu melakukan break down. Kami akan berikan contoh bagaimana melakukan break down. Contoh keywordnya adalah “Jual Sepatu”, maka:

  1. Jual sepatu wanita
  2. Jual sepatu pria
  3. Jual sepatu pria
  4. Jual sepatu surabaya
  5. Jual sepatu casual surabaya
  6. Dsb

Anda juga dapat melakukan break down untuk topic tentang sepatu. Contoh:

  1. Sepatu termahal
  2. Sepatu artis yang digunakan saat GRAMMYS Award
  3. Dsb

Cross Check dan Review

Lakukan cross check menggunakan Google Keyword Planner untuk melihat kompetisi apakah kompetisinya rendah atau tinggi. Apakah volume pencariannya cukup tinggi atau tidak?

Untuk website baru, saya sarankan untuk mencari kompetisi rendah. Untuk volume pencarian bisa mulai dari yang kecil. Volume pencarian kecil ini jangan dianggap remeh. Jika anda memiliki banyak artikel kecil-kecil yang dapat membantu keyword dengan volume kecil, traffic website anda hampir bisa dipastikan akan mendapatkan traffic rutin, karena tidak banyak orang yang main disana.

Dengan meningkatnya traffic website anda, otomatis padangan google ke website anda pun akan meningkat pula.

In-Page SEO

In Page SEO adalah semua usaha untuk meningkatkan SEO sebuah website dengan mengubah faktor external. Seperti yang sudah kami singgung, perbaikan <title></title> dan pengisian <meta name="description"></meta> adalah salah satunya. Masih banyak In Page SEO yang bisa anda lakukan, tetapi anda bisa meningkatkannya nanti. Dua hal yang kami sebutkan diatas cukup untuk memulai.

Jangan sampai mengejar kesempurnaan hingga yang yang penting-penting, menjadi terbengkalai. Perbaiki lanjutan akan selalu bisa dilakukan kedepannya.

Teknik Lanjutan/Off-Page SEO

Adapun teknik lanjutan yaitu Off Page SEO. Berbeda dengan In Page SEO, untuk Off Page SEO adalah melakukan faktor-faktor external selain dari website. Backlink adalah salah satu teknik off page SEO. Backlink bisa disebut jantung dari Off Page SEO.

Kami tidak akan membahas Off Page SEO untuk saat ini. Karena artikel ini didesain untuk praktis dan dapat dilakukan sekarang.

Penutup

Sekarang anda tahu cara menaikkan website di Google secara sederhana. Lakukan semua hal diatas, peringkat website anda pasti akan naik secara signifikan.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

7 Responses

  1. satu lagi, tetap konsisten menulis. walaupun kadang kita merasa web kita tidak ada peningkatan traffic, satu waktu dengan konsistensi dan keuletan, website kita bisa bertengger di rank 1 google.

    spill web untuk backlink yang bagus ka

    1. Betul banget, konsisten ini adalah kunci, sebelum teknik-teknik canggih lainnya. Percuma kalau tidak konsisten.
      Website tidak ada peningkatan traffic, kemungkinan ada yang salah dengan pemilihkan keywordnya. Pemilhan keyword yang terlalu High Competition akan susah untuk website yang baru, lebih baik fokus ke Low Competition dulu.

      Yang paling berdampak sebenarnya adalah Guest Post untuk backlink. Untuk Guest Post bisa pakai:

      1. Medium
      2. Quora
      3. About.me

      Sebenarnya masih banyak sih, tapi yang kami ingat 3 itu.

    1. Memang untuk keindeks butuh waktu. Bisa coba pakai perintah site:[nama-domain.com] untuk mengecheck apakah sudah terindeks atau belum.

      Selain itu juga submit sitemapnya ke Google Search Console untuk mempercepat proses indeks.

      1. Sudah submit ke search console beberapa waktu yang lalu, tapi masih belum keindeks juga. Beda sama domain saya yang .com, belum submit apa-apa udah keindeks, padahal artikel cuma dua biji.

        Beda kali ya Kak kalo pakai .com ama selain .com (pake .city), hehe.

        Makasih Kak.

        1. Wah bisa jadi tuh. .COM lebih diprioritaskan. Sekarang kan banyak sekali ext domain baru. Mungkin dengan bantuan backlink dari website .com bisa membantu naikkin prioritas google.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code