Apa Itu Blog?

Kata Blog merupakan hal yang sangat populer dan sudah tidak asing lagi di telinga kita. Blog sendiri dapat dengan mudah kita temukan saat kita berselancar di dunia internet. Untuk itu mari kita pelajari lebih dalam mengenai blog itu sendiri.

Apa Itu Blog?

Blog adalah website yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan atau menyajikan sebuah informasi/opini/konten. Penyajian yang disampaikan dapat berupa artikel, gambar, video, data, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan atau keinginan dari sang pembuat blog sendiri. Blog sendiri menyajikan berbagai macam topik/tema sesuai dengan keinginan si pembuat blog sendiri.

Blogger

Bloggeradalah seseorang/kelompok yang membuat atau menyajikan sebuah informasi/opini/konten ke dalam sebuah website. Dalam hal ini biasanya blog sendiri, berisi sebuah artikel dengan topik-topik tertentu yang dibuat oleh seorang blogger yang bisa diakses oleh orang-orang yang membutuhkan ataupun menyukai topik/tema tersebut.

Apa Hubungannya Blogger Dengan Blogger.Com?

Jika blogger adalah orang yang membuat atau mengelola sebuah blog, sedangkan blogger.com dengan subdomain “blogspot.com” adalah sebuah wesbsite penyedia layanan gratis dari google untuk menampung berbagai macam blog yang dibuat oleh para blogger dan bisa diakses lewat internet.

Penyedia Layanan Blog Gratis

Berikut ini beberapa penyedia blog gratis yang dapat anda manfaatkan, sebelum akhirnya memutuskan untuk berpindah ke berbayar.

Blogger

blogger

Blogger.com adalah sebuah situs penyedia layanan blog gratis dari google yang sudah tidak asing lagi bagi para blogger (penulis blog). Blogger sendiri memiliki tampilan yang sederhana dan penggunaannya yang user friendly, sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh para penulis blog untuk membuat berbagai macam konten yang dapat diakses dan dibaca secara online.

WordPress.ORG & WordPress.COM

wordpress

WordPress adalah sebuah penyedia website yang sangat terkenal di dunia, dimana anda bisa memakai dan memanfaatkannya mulai dari pembuatan artikel sampai toko online. Bagi pemula yang hanya sekedar meluangkan hobi menulis serta membuat blog, anda bisa menggunakan wordprees.com yang dimana ini benar-benar gratis, karena mulai dari hosting, template dan nama domainnya menggunakan fitur dari wordpress.com saja.

Tetapi jika anda ingin melakukan lebih dari itu anda bisa menggunakan wordpress.org yang di mana kita bisa menggunakan berbagai macam template dari sumber lain, memaksimalkan pengelolaan website kita serta menggunakan domain unik tanpa embel-embel “.wordpress.com” dibelakangnya. Tentunya untuk bisa menggunakan fitur dari website wordpress.org anda perlu mengeluarkan dana lebih untuk menyewa hosting dan domain sendiri.

Domain sendiri tidaklah gratis, anda harus membayar biaya sewa domain per tahunnya. Baca selengkapnya Daftar Harga Domain dan Hosting

Medium

medium

Medium adalah adalah salah satu platform unik yang menggunakan tools yang sederhana dan efektif. Medium dikembangkan oleh Evan William yang adalah seorang mantan CEO Twitter yang bertujuan bukan sekedar berapa banyak pengunjung yang datang berkunjung ke medium.com, tetapi berfokus kepada bagaimana pengunjung situs menghabiskan lebih banyak waktu untuk membaca di platform mereka.

Bagi anda yang mau mencoba menjadi penulis blog maupun berkarya dengan dengan menjadi penulis blog, anda bisa menggunakan medium,com sebagai salah satu alternatif dimana anda bisa juga mendapatkan uang dari seberapa banyak pembaca yang membaca artikel anda.

WIX

wix

Wix adalah adalah salah satu pembuat situs web gratis yang juga bisa digunakan untuk menulis blog, toko online hingga sebagai portofolio anda. Wix dapat dioperasikan dengan mudah, bahkan oleh pemula sekalipun, karena pada pada platform Wix memiliki fitur-fitur dan cara pengelolaan drag & drop yang membuat anda dengan mudah mercancang website anda sendiri tanpa harus memiliki kemampuan coding. Tentunya hal tersebut adalah hal paling memudahkan bagi setiap orang, bahkan bagi para pemula pun bisa mengelola blognya dengan mudah.

Weebly

weebly

Weebly sendiri adalah sebuah platform yang bisa digunakan untuk membuat blog atau website secara gratis maupun berbayar, yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing setiap pengguna untuk membuat blognya.

Selain menyediakan menyediakan template-template yang menarik untuk bisa digunakan untuk membuat tampilan pada website anda sendiri, tentunya platform ini menyediakan fitur yang sangat mudah untuk digunakan, yaitu: drag and drop. Dengan drag & drop anda bisa dengan mudah untuk merancang website anda sendiri sesuai dengan kreatifitas dan kesukaan setiap para pengguna sendiri, yang tentunya anda bisa menggunakan platform ini untuk membuat blog anda sendiri dengan topik yang anda ingin tulis dan bahas.

Apa Perbedaan Antara Blog Dan Website?

Blog adalah sebuah website, namun perbedaan antara blog dan website dilihat dari segi tampilan dan tujuan dari website tersebut. Dari segi tampilan, biasanya website menampilkan halaman utama, profil, informasi dan lain sebagainya dari sebuah wesbsite yang bertujuan untuk menampilkan produk dan informasi mengenai apa yang dijual oleh website tersebut.

Sebuah website bisa menawarkan barang atau jasa yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk. Dengan adanya website, dapat meningkatkan kepercayaan customer/pengunjung yang mengunjungi website tersebut.

Sedangkan blog adalah sebuah website yang didisain/dirancang untuk menampilkan sebuah artikel dengan berbagai macam topik yang ditulis oleh seorang blogger maupun banyak blogger yang bertujuan memberikan sebuah informasi, opini serta pemahaman mengenai topik tersebut. Blog biasanya juga dibuat secara rutin, berkesinambungan dan interaktif, yang bertujuan untuk meningkatkan traffic pengunjung kepada website mereka.

Apa Manfaat Blog Secara Umum?

Secara umum tentunya blog sendiri memiliki sebuah manfaat yang sangat menguntungkan bagi peradaban dalam hal kemajuan dalam sebuah informasi dan teknologi. Oleh sebab itu adapun manfaat dari sebuah blog secara umum adalah sebagai berikut, yaitu:

Sebagai Sumber Informasi & Pengetahuan

Dengan adanya banyak blog yang dibuat, tentunya kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi dan pengetahuan yang kita butuhkan atau perlukan maupun hal-hal yang ingin kita ketahui dengan cepat lewat akses internet.

Kontribusi Dalam Berbagi Informasi & Pengetahuan

Sebagai penulis blog sendiri tentunya kita sudah berkontribusi/melakukan sumbangsih/membantu orang lain dalam hal memberikan sebuah informasi ataupun berbagi pengetahuan kepada pengunjung situs blog tersebut.

Mengasah Kemampuan Menulis Serta Menemukan Sebuah Ide/Konten

Dengan menjadi penulis blog sendiri tentunya itu memberikan keuntungan bagi para penulis blog untuk belajar dan mengasah kemampuan dalam hal menyampaikan sesuatu informasi, pengetahuan serta opini pribadi maupun kejadian sehari-hari ke dalam sebuah tulisan. Tentunya ini bukanlah hal yang mudah bagi sesorang penulis blog yang sungguh-sungguh ingin menjadi ahli, dimana para blogger harus melakukan riset, belajar lebih dalam mengenai pengetahuan tersebut, memikirkan ide/konten apa yang dibuat, belajar tata cara penulis yang baik agar mudah dipahami oleh pembaca serta masih banyak hal lain yang dapat digalih lagi.

Apa Manfaat Blog Untuk Sebuah Bisnis?

Tidak mungkin blog begitu banyak bertebaran di internet jika tidak memiliki manfaat untuk pembuat. Berikut beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan untuk bisnis anda.

Meningkatkan Traffic Website

Semakin banyak blog/artikel/penulisan yang dibuat dan disajikan oleh sebuah website, maka cepat atau lambat pasti akan meningkatkan banyaknya pengunjung yang datang dan berkunjung serta membaca artikel yang disajikan tersebut.

Namun, menulis secara artikel secara acak mungkin saja bisa meningkatkan Traffic Website anda, tetapi kebanyakan cara ini tidak akan meningkatkan Traffic sebuah website dengan sangat signifikan. Anda memerlukan penulisan artikel yang banyak dicari oleh calon pengunjung. Kami membahasnya lebih lengkap tentang topik ini diartikel lain:

Meningkatkan Brand Anda

Dengan adanya sebuah blog yang berkualitas serta disajikan secara konsisten, maka akan membuat pengunjung akan sering datang mengunjungi website anda. Secara otomatis anda meningkatkan kepercayaan pengunjung kepada website anda, karena selain pengunjung mendapatkan informasi dan membaca artikel dari blog anda, tentunya juga memungkinkan mereka melihat produk-produk yang anda tawarkan.

Melalui blog anda bisa memperoleh leads. Leads adalah orang yang memiliki ketertarikan terhadap produk atau layanan yang anda tawarkan, baik karena penawaran produk dan layanan maupun karena bentuk pemasaran anda yang menarik.

Selain itu di dalam pembuatan blog, anda bisa menjelaskan suatu topik yang berisi sebuah masalah dan bagaimana cara menangani masalah tersebut, dimana anda bisa memberikan saran dan solusi melalui produk/jasa yang anda tawarkan. Hal ini disebut soft selling.

Mendapatkan Uang Melalui Iklan

Pagi para penulis blog yang memiliki banyak sekali artikel yang bagus serta berkualitas, tentunya anda bisa mendaftarkan website anda untuk mendapatkan uang lewat iklan yang ditampilkan dalam website/blog anda. Salah satu platform advertiser yang paling populer adalah Google Adsense. Kami membahas tentang topik ini lebih lengkap di Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Membangun Hubungan Serta Memperoleh Database

Ketika anda mendapatkan database yang bergabung/mendaftar lewat website anda, tentunya anda dapat menjalin hubungan yang baik dengan calon customer potensial anda. Anda juga bisa memberikan infromasi produk/jasa yang dapat anda tawarkan kepada mereka melalui email, nomor handphone serta berbagai macam cara yang menarik lainnya. Dalam dunia digital marketing, hal ini sering disebut List Building.

Perbedaan Blog Gratis Dan Blog Berbayar

Berikut perbedaan antara blog gratis dan berbayar. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing:

Blog Gratisan

  • Tidak memerlukan biaya untuk mengelola atau memiliki website tersebut.
  • Terdapat nama penyedia jasa blog tersebut pada nama domain kita. Contoh: “wevelope.blogspot.com“ (kalau menggunkan blogger.com).
  • Ruang penyimpanan relatif sedikit untuk penyedia jasa tertentu.
  • Template/tema terbatas.
  • Tidak dapat menambahkan plugin tertentu yang kita mau atau kita butuhkan.
  • Tidak terlihat profesional bagi sebuah brand.
  • Pengelolaannya biasanya lebih mudah dan sederhana bagi pemula.

Blog Berbayar

  • Memerlukan biaya untuk mengelola atau memiliki website tersebut.
  • Nama domain dapat disesuaikan dengan kemauan kita (custom). Contoh: “www.wevelope.net”.
  • Ruang penyimpanan lebih besar dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
  • Template/tema lebih bervariasi bahkan bisa memakai template/tema dari sumber lain.
  • Dapat menambahkan plugin yang kita inginkan ataupun kita butuhkan.
  • Terlihat professional bagi sebuah brand.
  • Pengelolaanya biasanya lebih membutuhkan keahlian dan pengetahuan.

Penutup

Setelah membaca penjelasan diatas tentang perbedaan blog gratis dan berbayar, blog mana yang anda pilih?

Apapun pilihan anda, sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan anda masing-masing. Namun jika anda tidak ingin membuang waktu anda dengan belajar dan membuatnya dari awal, Wevelope menyediakan Jasa Pembuatan Website Perusahaan / Company Profile

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *