Cara Cek Backlink Website

Buat kalian yang sering bergelut dengan SEO pasti tidak asing lagi dengan kata backlink. Buat yang masih bingung apa itu backlink, berikut penjelasan singkatnya:

Apa Itu Backlink?

Backlink(atau sering disebut juga “inbound links” atau “incoming links”) adalah link dari suatu websiteke sebuah halaman website lain. Contohnya ada Website A memberikan link yang mengarah ke website Wevelope. Itu adalah satu buah backlink untuk website Wevelope.

Kegunaan Backlink

Backlinks ini merupakan peranan sangat penting buat sebuah website. Karena backlink ini seperti memberikan “voting” kepada website anda. Jadi semakin banyak backlink yang mengarah ke website anda akan semakin tinggi “nilai” sebuah website.

Jenis-Jenis Backlink

Ada dua jenis backlink yang perlu anda ketahui sebelum bermain-main dengan backlink.

Dofollow

Jenis link yang paling dicari oleh para pemilik website. Mereka akan mengejar sebisa mungkin untuk mendapatkan jenis link dofollow ini. Kendati demikian, memberikan link jenis ini akan dapat menurunkan “voting” pada website anda.

Bayangkan jika website anda memberikan banyak link kepada website lain. “value” dari website anda akan turun.

Sebenarnya ini masuk akal, karena untuk menghindari website dengan rating tinggi yang ingin “mengangkat” website dengan rating rendah. Jika tidak ada pinalti sedemikian rupa, maka website dengan rating tinggi dapat mengirimkan backlink seenaknya sendiri.

Nofollow

Umumnya website yang memberikan backlink adalah jenis ini, ini dapat menghindari pinalti yang diberikan oleh Google kepada website anda. Silakan check link-link external yang ada di website Wevelope, hampir semuanya nofollow. Ini untuk menjaga rating dari website Wevelope sendiri.

Cara Cek Backlink Sebuah Website

Sebenarnya ada banyak tools untuk membantu anda mengetahui backlink website anda dari mana saja. Mulai dari gratis hingga yang berbayar. Kami akan mencontohkan anda menggunakan salah satu platform yang sangat populer yaitu Ahref.

  1. Silakan masuk ke Ahref Backlink Checker
  2. Ketikkan nama domain anda disana
  3. Lalu klik Check backlinks
check backlink
Contoh Hasil Cek Backlink Pada Website Wevelope.net

Berikut Daftar Tools Untuk Cek Backlink

  1. Ahref
  2. Ubersuggest
  3. SEMRush
  4. SEOReviewTools

Beberapa dari daftar diatas mungkin mengharuskan anda untuk registrasi terlebih dahulu.

Penutup

Demikian pembahasan tentang backlink. Selain backlink mungkin anda tertarik untuk meningkatkan pengunjung website anda, kami telah membahasnya disini Cara Meningkatkan Traffic Website

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code