8 Tools untuk Cek Kecepatan Website

Kecepatan website adalah salah satu hal yang sangat penting untuk mendukung kenyamanan pengunjung. Selain memastikan konten tidak memberatkan website, anda juga perlu mengecek kecepatan website secara berkala. Delapan tools ini bisa anda pakai untuk mengecek kecepatan website.

Google PageSpeed Insights

google pagespeed insight

Google PageSpeed Insight merupakan SEO tool resmi dari Google, sehingga indikator penilaian yang digunakan sesuai dengan standar Google dan paling akurat. Analisisnya termasuk peluang-peluang yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan loading website.

GTmetrix

gtmatrix

Kelebihan GTmetrix adalah kemampuannya menganalisis dari browsers dan devices yang berbeda. Untuk mendapatkan analisisnya secara lengkap, anda perlu membuat akun. Namun tenang saja, layanannya gratis.

Pingdom

pingdom

Pingdom memiliki fitur yang hampir sama dengan tools lain seperti analisis elemen yang paling membebani website. Bedanya, Pingdom memiliki pilihan berbayar untuk mendapatkan layanan pamantauan saat website anda dalam kondisi yang membahayakan.

WebPageTest

webpagetest

WebPageTest juga mampu membuat analisis berdasarkan device dan lokasi yang berbeda. Selain itu, WebPageTest menyediakan course untuk mempelajari performa website.

WAVE Web Accessibility Evaluation Tool

WAVE Web Accessibility Evaluation Tool

WAVE merupakan tools yang paling tepat untuk mengecek adanya error pada aksesibilitas website. Salah satu fitur menariknya adalah Wave akan secara default membuat konten kita lebih ramah terhadap penyandang disabilitas.

Uptrends

uptrends

Uptrends menyediakan opsi untuk menganalisis kecepatan website dari lokasi server, device, dan browsers yang berbeda. Selain itu, Uptrends juga menyediakan pilihan layanan berbayar untuk pemantauan yang lebih mendalam.

Google Mobile Website Speed Testing Tool

Google Mobile Website Speed Testing Tool

Tool ini didukung oleh teknologi dari Google PageSpeed Insight, namun lebih fokus untuk penilaian website di perangkat mobile. Google Mobile Website Speed Testing Tool menilai kecepatan website dalam skala 0 sampai 100 dan memberikan saran-saran yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website di perangkat mobile.

KeyCDN Website Speed Test

KeyCDN Website Speed Test

Selain menampilkan ringkasan analisis, KeyCDN juga menampilkan preview dari halaman website yang anda periksa. Pemeriksaan yang anda lakukan tidak terbatas pada pemeriksaan umum saja, anda juga bisa memeriksa dari metode request, status kode HTTP, dan lain-lain.

Penutup

Dengan banyaknya pilihan tools, anda tidak perlu lagi khawatir kesulitan dalam memeriksa kecepatan website anda.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *