Apa Itu Enterprise Resource Planning(ERP)?

Enterprise Resource Planning atau ERP adalah sebuah proses yang membantu sebuah perusahaan dalam mengolah semua informasi dari hari ke hari mulai dari:

  1. Akutansi
  2. Pengadaan barang
  3. Menejemen proyek
  4. Menejemen risiko
  5. Menejemen produksi
  6. Dsb

Tujuan Menggunakan ERP

Tujuan akhirnya adalah supaya semua informasi dalam perusahaan bisa terpusat dan dapat saling terintegrasi satu dengan yang lain contohnya:

  • Anda ingin membuat invoice penjualan maka biasanya anda akan membutuhkan data barang dan data pelanggan.
  • Anda ingin membuat laporan penjualan maka anda memerlukan data invoice penjualan

Dengan informasi yang terpusat dan rapi, anda dapat dengan mudah membuat laporan-laporan harian seperti omzet, profit bersih, dsb. Anda bisa membaca Mengapa Butuh Enterprise Resource Planning(ERP)? untuk mendapatkan informasi lengkap mengapa anda perlu memikirkan menggunakan ERP pada bisnis anda.

Tidak hanya itu, ERP juga dapat membuatkan anda laporan perpajakan sehingga anda tidak perlu membuatnya secara manual.

Biaya dan Investasi

Kendati demikian, membuat ERP dari awal tidaklah murah, perlu biaya investasi yang tidak sedikit. Kami membedahnya secara mendalam tentang berapa biaya yang diperlukan untuk membuat sebuah ERP custom sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda. Memang ada beberapa software ERP yang open-source(gratis), tetapi ada keterbatasan seperti User Friendly dan kompleksitas. Kami pernah menjabarkan beberapa software terbaik ERP gratis yang mungkin dapat anda coba.

Sumber Daya Manusia

Selain biaya, ada pula kendala kedua yang perlu dipikirkan juga yaitu Sumber Daya Manusia pada perusahaan anda, karena semakin canggihnya sebuah teknologi yang diterapkan diperusahaan harus berimbang dengan kemampuan SDM yang ada diperusahaan tersebut. Kami pernah mengulasnya disini Apa Permasalahan Penerapan Enterprise Resource Planning(ERP)?

Kapan Menggunakan ERP?

Dengan semua kelebihan ERP yang luar biasa, tidak semua perusahaan memerlukannya. Apalagi perusahaan yang baru merintis dan tidak terlalu banyaknya data yang diolah. Lalu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan ERP? Kami membahasnya secara mendalam disini Kapan Perusahaan Membutuhkan Enterprise Resource Planning(ERP)?

Penutup

Semoga artikel ini dapat membantu anda memahami apa itu ERP. Jika anda tertarik lebih lanjut tentang ERP dapat langsung menghubungi kami

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code