29 April 2024

Berapa Harga Pembuatan Software ERP/Enterprise Resource Planning?

Biaya pembuatan Enterprise Resource Planning(ERP) ini sangat bergantung dari seberapa kompleks dan banyaknya module yang ingin dibuat. Jadi, tidak ada harga pastinya karena ERP ini berbeda seperti barang pada umumnya seperti smartphone atau laptop, dimana spesifikasinya sudah paten untuk tipe-tipe tertentu.

Tentukan Tujuan Akhirnya

Tetapi kami dapat membantu anda dalam menghitung kira-kira Estimasi Biaya Pembuatan Software itu berapa. Pertama adalah tentukan apa saja goal yang ingin anda capai. Contoh:

  1. Saya ingin mengetahui omzet tiap bulan
  2. Saya ingin mengetahui sisa stok saat ini juga
  3. Saya ingin mengetahui KPI dari setiap karyawan-karyawan saya
  4. Saya ingin mengetahui laporan laba rugi tiap bulannya
  5. Dst

Dengan menjabarkan goal-goal yang ingin dicapai akan memudahkan dalam menentukan harga.

Harga Rata-Rata Sistem ERP Custom

Daftar harga yang kami jabarkan dibawah ini adalah harga rata-rata pembuatan ERP sesuai kebutuhan yang kami dan tim survey. Berikut paparannya:

  1. Small ERP(Rp5.000.000 - Rp50.000.000)
  2. Medium ERP(Rp50.000.000 - Rp300.000.000)
  3. Big ERP(Rp300.000.000 - Tak Terbatas)

Jangan terlalu fokus dengan nilai investasinya, tetapi juga dampak apa saja yang akan didapatkan. Memang untuk awal-awal akan perlu waktu untuk adaptasi. Rata-rata 3 - 6 bulan sebelum akhirnya bisa merasakan manfaat dan kenaikkan kecepatan kerja yang optimal.

Jika belum siap dengan biaya investasi tersebut, bisa mencoba menggunakan ERP gratis dulu. Kami telah mengulasnya Daftar Software Terbaik ERP Gratis.

Mengapa Biaya ERP Sangat Mahal?

Mungkin berpikir mengapa kok biaya membuat ERP sangatlah mahal? Salah satu keunggulan ERP adalah terpusatnya data dari hulu ke hilir, sehingga pengontrolan akan sangat mudah kedepannya. Mulai dari data karyawan, suplier, hingga pelanggan. Tidak hanya itu, validasi input dari pengguna dapat ditekan sedemikian rupa. Kontrol stok barang secara nyata(real-time) dapat dilakukan.

Jadi, wajar jika harganya sangat mahal. Apalagi jika dokumen yang ingin dicatat semakin banyak, pasti harganya akan semakin tinggi.

Walaupun ada software ERP yang gratis pun ada batasnya, tetap membutuhkan jasa programmer yang dapat mendukung jika terjadi error kedepannya.

Software ERP Perusahaan A Tidak Akan Cocok Untuk Perusahaan B

Berdasarkan pengalaman kami, perusahaan A dan B dengan industri yang sama persis bisa sangat berbeda alur bisnisnya. Inilah yang membuat ERP menjadi mahal, tidak ada satu solusi ERP untuk semua perusahaan.

Pastikan selalu melakukan pengecekan terlebih dahulu jika diberikan solusi software ERP yang sudah jadi. Jika untuk UMKM skala mikro, mungkin masih bisa cocok, tetapi untuk tahap skala menengah keatas, akan sulit.

Biaya yang Harus Dikalkulasi Untuk Membangun Sistem ERP

Namun banyaknya modul dan tujuan akhir sebuah sistem ERP bukanlah biaya satu-satunya yang harus dikalkulasi. Adapun biaya-biaya lainnya yang bukan termasuk sistem ERP, namum memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap biaya:

  1. SDM(Sumber daya Manusia) yang mumpuni. Ini akan membuat carut marut saat impelemntasi sistem ERP jika SDM belum siap.
  2. Listrik: Kemungkinan akan ada peningkatan listrik karena sistem ERP biasanya bekerja 24 jam non-stop.
  3. Server: Baik menggunakan server fisik ataupun cloud, akan menambahkan beban perusahaan. Menggunakan server fisik akan memberikan beban biaya yang lebih tinggi dibandingkan cloud.
  4. Maintenance / Perawatan: Jangan berharap membuat sistem ERP setelah jadi tidak akan terjadi BUG dikemudian hari. Akan selalu ada hal-hal tidak terduga lainnya. Biasanya membutuhkan jasa maintenance. Biaya maintenance dapat secara bulanan, tahunan, ataupun per kasus.

Skema Pembayaran Sistem ERP

Setiap vendor memiliki cara tersendiri untuk membebankan biaya. Ada dua skema yang menurut kami cukup populer:

  1. Beli putus: Setelah vendor membuat ERP, maka semuanya adalah milik pelanggan
  2. Beli putus + biaya perawatan: Biaya perawatan biasanya dibebankan tahunan. Ada pula enam ulanan, bergantung kesepakatan.
  3. Berlanganan: Biasanya yang menerapkan hal ini adalah ERP yang sudah jadi dan tinggal pakai.
  4. Berlanganan + Biaya Per User/Admin: Penambahan biaya untuk setiap tambahan admin baru.

Penutup

Itulah kira-kira harga yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Jika anda ingin mengetahui berapa harga detailnya yang perlu anda keluarkan. Anda bisa langsung menghubungi kami untuk mendapatkan harga yang akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perlu Website?

Kami sangat memahami kebutuhan client. Ceritakan apa tujuan yang ingin anda capai melalui website. Lakukan konsultasi gratis sekarang!
KONSULTASI!
© 2016 - 2024 Wevelope - Digital Agency For Your Business