Bahaya Membeli Software Beli-Lepas

Apa yang dimaksud beli-lepas? Pembelian beli-lepas adalah membeli software dan tidak ada tambahan biaya lainnya seperti maintenance, garansi, dll.

Bagi yang mempunyai dana terbatas. Hal ini sepertinya pilihan yang tepat, karena relatif terlihat cukup murah, tetapi hal ini cukup berbahaya untuk kedepannya, jika sewaktu-waktu software terjadi error.

Menanggung Resiko Tinggi

Coba bayangkan jika sewaktu pekerjaan menumpuk, lalu tiba-tiba terjadi error yang tidak terduga. Error ini bisa terjadi karena banyak hal, seperti perkembangan komputer dari 32-bit menjadi 64-bit. Hal ini cukup memberikan dampak pada software-software lama yang telah berjalan bertahun-tahun. Bahkan ada yang merelakan tidak berani update OS terbaru, hanya karena supaya software tetap berjalan dengan stabil.

Faktor External Juga Berperan Penting

Perlu diingat error ini bukan karena faktor internal software saja seperti kesalahan programmer dalam menuliskan kode-kode komputer, tetapi juga faktor external.

Apa yang Perlu Dilakukan Jika Sudah Terlanjur?

Apa yang perlu anda lakukan jika hal ini terjadi? Berikut kemungkinan solusi yang dapat diambil:

Mencari Pihak yang Bersangkutan

Jika pihak yang bersangkutan adalah perusahaan atau seseorang yang dapat dipercaya, maka kendala ini dapat diperbaiki dengan mudah. Siapkan juga dana tambahan, karena kemungkinan besar akan dilakukan charge tambahan mengingat tidak ada perjanjian biaya perawatan berkala.

Mencari Bantuan Perusahaan atau Programmer Lain

Ada kalanya anda tidak dapat mencari pihak ybs. Jika hal ini terjadi terpaksa anda harus mencari perusahaan atau programmer lain untuk dapat memperbaiki BUG tersebut. Biasanya biaya yang dikeluarkan cukup tinggi dibanding yang pertama.

Beli atau Membuat Baru

Jika dua solusi diatas tidak dapat dilakukan, terpaksa harus membeli atau membuat software yang baru. Jika sudah sampai dititik ini, alangkah baiknya anda membuat kesepakatan kerja sama untuk perawatan berkala supaya hal seperti ini tidak terjadi lagi.

Penutup

Inilah bahaya membeli software beli-lepas. Tidak ada yang menjamin keamanan software yang dibeli, dimana ini juga akan membahayakan bisnis anda. Jika anda mengalami kesulitan dengan Software ERP anda, anda dapat menghubungi kami.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *