Cara Meningkatkan Traffic Website Tahun 2023

Siapa yang tidak suka dengan traffic atau pengunjung pada website. Bahkan traffic berkualitas rendah pun sangat diminati, tetapi untuk meningkatkan traffic tidak semudah kelihatannya, kecuali anda memilih jalur Paid Traffic. Asal ada dana yang cukup, selesai masalah, tetapi bagaimana jika dana terbatas? Berikut ini beberapa penjelasan bagaimana meningkatkan traffic sebuah website.

Jenis-Jenis Traffic

Pada paragraf sebelumnya, kami sudah menyinggung tentang Paid Traffic. Itu adalah salah satu jenis-jenis traffic.

Paid Traffic

Paid Traffic adalah traffic yang didapatkan dengan membayar pihak ketiga. Contohnya seperti menggunakan:

  1. Facebook Ads
  2. Instagram Ads
  3. Google Ads
  4. Tiktok Ads
  5. Dsb

Selama anda memiliki budget yang cukup, hal ini cukup efektif untuk dilakukan.

Organic Traffic

Berbeda dengan Paid Traffic, Organic Traffic adalah traffic yang dilakukan tanpa membayar pihak ketiga. Orang-orang sering menyebut traffic ini gratis, padahal tidak seperti itu. Perlu usaha untuk mendapatkan Organic Traffic. Selain itu, juga perlu waktu yang cukup lama. Perlu konsistensi. Contohnya seperti SEO, untuk melihat efek optimalnya diperlukan sekitar 3 – 12 bulan lamanya. Oleh karena itu traffic jenis ini semua orang suka, tetapi tidak semua orang suka dengan proses dibaliknya.

Pengenalan Channel

Untuk mendapatkan traffic sumbernya ada banyak. Dalam dunia Digital Marketing kita sering menyebutnya Channel. Sama halnya seperti saat anda melihat TV, dimana ada banyak Channel atau sumber yang dapat anda pilih untuk mendapatkan informasi yang anda inginkan. Contoh anda ingin menonton berita, anda bisa melihat di MetroTV, TvOne, dsb.

Macam-Macam Channel

Berikut ini beberapa macam-macam channel yang anda dapat gunakan. Sangat banyak sekali, tinggal anda perlu menganalisa, kira-kira target market anda apakah ada disana atau tidak.

Ada kasus dimana target market anda memang tidak ada di online atau relatif lebih sedikit. Sehingga penggunaan media website kurang cocok untuk bisnis anda.

Social Media

Pasti anda tidak asing lagi dengan kata-kata Social Media, hampir setiap hari kita membuka app/website minimal 1 kali dalam sehari. Berikut Social Media yang sering diakses:

  1. Facebook
  2. Instagram
  3. Twitter
  4. Youtube
  5. TikTok

Untuk anda yang memiliki dana terbatas baiknya pilih 1 atau 2 Social Media saja dan fokus disana, karena cukup berat menjalankan banyak Social Media sekaligus.

Search Engine

Mungkin beberapa dari anda kurang familiar dengan kata Search Engine, tetapi saya yakin anda sering menggunakanya. Kalau kami menyebutnya Google pasti anda paham. Google adalah salah satu search engine paling populer didunia.

Selain Google masih banyak lagi yang lainnya, kami akan sebutkan 3 Search Engine paling populer yaitu:

  1. Google
  2. Bing
  3. DuckDuckGo

Cara Memilih Channel

Banyaknya pilihan membuat sebagaian orang bingung, harus mulai dari mana dulu? Kami membagi menjadi 2 bagian besar. Ini akan membantu anda memilih Social Media atau Search Engine

Produk Sudah Dikenal

Apakah jenis produk anda sudah cukup dikenal dengan calon pelanggan anda? Contoh barang-barang yang sudah dikenal adalah pensil, handphone, laptop. Suatu kata yang sangat melekat dengan produk anda.

Jika, jawabannya IYA, maka anda sangat cocok memulai menggunakan Search Engine sebagai media promosi. Anda perlu pengetahuan SEO(Search Engine Optimization) untuk melakukan dengan optimal.

Produk Belum Dikenal

Begitu juga sebaliknya, apakah produk anda tidak cukup dikenal? Sesuatu yang terlalu general untuk melekat dengan produk anda. Contohnya judul buku anda, nama seminar anda. Judul buku bisa bermacam-macam, menggunakan Search Engine kami rasa akan kurang efektif. Lebih baik menggunakan Social Media untuk melakukan promosi.

Content is a King

Apapun yang anda pilih Konten adalah Segalanya. Berbeda dengan 10 – 20 tahun dimana para pengiklan melakuan cara iklan dengan berjualan. Saat ini, anda perlu membuat konten untuk membangun kepercayaan dengan calon pelanggan anda.

Cara anda bercerita akan sangat mempengaruhi bagaimana produk anda akan dipilh oleh calon pelanggan anda. Apapun medianya konten adalah yang paling utama.

Banyak sekali kami membaca artikel diluar sana untuk memperbagus tampilan website, responsive, dsb. Memang itu pernting, tetapi porsi yang paling penting adalah pada konten dan konsistensi.

Tampilan website anda bisa biasa saja, tetapi penjualan yang terjadi dari website bisa jadi lebih tinggi daripada website yang sangat memukau.

Jadi, fokuskan membuat konten yang membantu calon pelanggan anda. Sesedikit apapun itu tidak menjadi masalah.

Cara Membuat Konten Menarik

Kata penting disini adalah “menarik”. Menarik artinya membuat orang ingin membaca atau paling tidak penasaran. Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam membuat konten:

Topik

Pemilihan topik harus sesuai dengan kebutuhan pasar. Pemilihan topik berdasarkan asumsi tidak akan membuat konten menjadi menarik. Beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk menentukan topik apa yang harus dibahas:

  1. Quora
  2. Google Autocomplete
  3. Google Keyword Plan
  4. Berselancar diinternet dan membaca konten yang dirasa kurang dan dapat diperbaiki.

Dengan 3 tools diatas, anda akan dimudahkan menentukan kata kunci dan topik apa yang baik untuk dibahas.

Media Gambar dan Video

Sebisa mungkin gunakan gambar dan video untuk mempertegas sebuah pembahasan. Video dan gambar bukan dibuat untuk membuat ramai sebuah konten saja, tetapi harus mendukung topik yang sedang dibahas.

Point-of-View(POV)

Setiap media ataupun penulis akan memiliki POV yang berbeda dengan penulis yang lain. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri dari konten satu dengan yang lain.

Lainnya

Kami telah membahasnya sangat mendalam disini Cara Membuat Konten Menarik Untuk Website. Kami memiliki beberapa konten yang mungkin dapat membantu memperluas pengetahuan tentang hal ini:

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *