Cara Membuat Judul Menarik yang SEO Friendly [Tahun 2022]

Judul dalam sebuah artikel di website memiliki peran yang sangat penting, karena selain dapat memberikan informasi mengenai sebagian besar isi artikel. Judul juga berperan agar artikel mudah dicari di Search Engine atau SEO Friendly.

Dalam membuat judul artikel, tidak hanya harus menarik dimata pembaca tetapi juga SEO friendly. Jika kita hanya bisa membuat artikel yang menarik tetapi tidak SEO Friendly, maka artikel yang kita tulis akan susah ditemukan oleh pembaca yang kita targetkan.

Agar artikel anda mudah dicari di search engine, disini kami ingin membagikan beberapa tips yaitu cara membuat judul menarik yang SEO Friendly. Silahkan anda simak ulasan dari kami dibawah ini.

Menentukan Keywords yang Tepat

Sebelum membuat judul untuk artikel anda, lebih baik anda menentukan keywords yang ingin anda targetkan. Misalnya anda ingin membuat artikel tentang resep kue-kue tradisional indonesia, anda bisa menentukan target utama dari artikel anda contoh: “Resep Kue Tradisional” atau “Resep Kue Indonesia”.

Setelah itu, keywords bisa di cek di search engine untuk dapat melihat peluang dan apakah persaingan cukup banyak. Sebagai referensi anda juga bisa cek keywords melalui website berikut:

Baca juga: 8 Tools SEO Gratis Siap Pakai

Kami menjelaskan lebih dalam tentang bagaimana mencari keyword yang tepat dibawah ini:

Buat Judul Untuk Manusia Terlebih Dahulu

Setelah menentukan Keywords yang tepat, pertama anda buat judul yang Human Friendly(mudah dipahami) dahulu. Memang judul akan dibaca oleh algoritma SEO dan website anda akan diberikan penilaian.

Tetapi pada akhirnya judul yang dibuat akan dibaca oleh manusia. Jika pembaca tidak tertarik untuk mengklik judul artikel anda, maka algoritma Google akan menilai bahwa artikel tersebut tidak diminati. Efeknya, artikel anda akan mendapatkan urutan yang buruk di Google.

Memasukan Keyword Didalam Judul

Mengapa judul penting untuk dimasukan keywords, karena judul adalah bagian pertama yang dicari Google sebelum masuk kebagian badan artikel. Jadi judul yang mengandung keywords, akan memudahkan google untuk mengenal artikel anda.

Contoh: Jika anda sudah menentukan keywords “Resep Kue Tradisional”, dan judul “Resep Kue Asli Indonesia Yang Paling Disukai Masyarakat“, anda bisa mengubahnya menjadi, “Resep Kue Tradisional Asli Indonesia, Yang Paling Disukai Masyarakat”

Kalimat judul bisa anda optimalkan penyusunannya agar SEO Friendly dan juga Human Friendly.

Gunakan Elemen Heading

Elemen Heading Tag seperti <H1> dan <H2> sudah menjadi hal yang umum diketahui oleh para Blogger atau penulis di website. Biasa heading tag <H1> digunakan sebagai judul, dan <H2> digunakan untuk subjudul.

Heading tag sangat berfungsi agar artikel terlihat lebih rapi dan menarik dimata pembaca. Sehingga para pembaca bisa membedakan mana bagian judul, sub judul dan artikel.

Tetapi, apa fungsi Heading tag itu agar judul menjadi SEO Friendly? Google juga dapat membedakan mana bagian judul, sub judul atau artikel. Ini berperan agar Google tidak salah dalam membedakan antara judul dengan sub judul, sehingga target keyword yang anda buat dapat berfungsi dengan baik.

Gunakan Angka Pada Judul Artikel Anda

Kali ini tips untuk penggunaan angka pada judul sangat berperan agar website anda dapat di klik oleh pengunjung. Dengan angka yang berada didepan judul, pembaca jadi dapat memperkirakan apakah  artikel ini panjang atau tidak. 

Contohnya, untuk judul artikel berikut “5 Tips Memperindah Rumah Anda” jika kita bandingkan dengan judul “Tips Memperindah Rumah Anda”. Kebanyakan pembaca atau anda sendiri mungkin lebih memilih artikel yang ada angka didepannya.

Gunakan Penegasan Dalam Kurang

Ada kalanya sebuah judul menjadi usang seiring berjalannya waktu. Sebagai contoh: “10 Website E-Commerce Terbesar di Indonesia”. Judul seperti ini akan sangat bergantung kapan penulisan itu dilakukan. Tahun 2022 dan 2023, pasti sudah berbeda. Oleh karena itu penambahkan dalam kurung dibutuhkan. Sebagai contoh: “10 Website E-Commerce Terbesar di Indonesia[Terbaru]”

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *