Cara Membuat Konten Menarik Untuk Website

Konten ini mirip seperti produk yang didapatkan calon pelangan secara gratis. Jika tidak dapat membuat sebuah produk gratis yang disukai calon pelanggan, bagaimana mereka bisa percaya dengan sebuah brand?

Inilah pentingnya membuat konten, entah Instagram, Youtube, Tiktok, dan platform-platform lainnya.

Buat Konten Original dan Berkarakter

Konten original akan memberikan tempat tersendiri bagi pembaca. Jika kesulitan membuat konten yang original, bisa memberikan karakter tersendiri. Sehingga mudah diingat oleh pembaca.

Konten berkarakter bukan konten yang hanya copy-paste dari berbagai sumber, tetapi dapat merangkum hal yang panjang menjadi lebih sederhana.

Memberikan Jawaban yang Lugas

Setiap pembaca pasti mencari sebuah informasi didalam artikel. Jika sebuah artikel dapat memberikan jawaban yang cepat dan lugas, pembaca akan terpuaskan.

Beberapa kesalahan yang sering kami lihat adalah banyak artikel yang memaksa memperpanjang pembahasan hanya untuk mencapai 1.000 kata lebih supaya terlihat baik di mesin pencarian Google. Padahal pembaca tidak membutuhkan informasi tersebut.

Sebagai contoh artikel “resep soto ayam”, sebenarnya sangat tidak relevan saat artikel tersebut membahas tentang sejarah letak geografis, informasi bawah, cara beli, dsb. Lebih baik dipisah ke lain artikel dan langsung memuat ke bagian resep dan tahap memasaknya.

Memberikan Point-of-View(POV) Menarik

Setiap orang memiliki sudut pandang menarik dari sebuah kejadian. Buatlah sebuah artikel yang dapat memberikan POV yang menarik dibanding artikel pada umumnya. Ini juga dapat memunculkan perdebatan dimana memiliki potensi untuk viral.

Akurasi Data

Untuk artikel yang menjelaskan tentang angka dan fakta, akurasi data menjadi sangat penting. Jika data bukan milik sendiri, maka bisa disertakan sumbernya. Jangan lupa sertakan gambar berupa grafik ataupun tabel, karena akan lebih mudah dibaca dan menarik.

Gunakan Gambar & Video

Penggunaan gambar dan video dapat mempertegas penyampaian dan memudahkan pembaca dalam memahami sesuatu yang ingin disampaikan. Bermainlah dengan gambar sebanyak mungkin, ini akan membuat konten lebih interaktif dan tidak membosankan.

Gunakan portal website yang menyediakan gambar-gambar gratis bebas pakai. Kami mengulasnya 10 Website Penyedia Gambar Gratis Untuk Konten Anda

Memiliki Target Market yang Jelas

Membuat konten harus berdasar pembaca bukan keinginan penulis atau pembuat konten. Memang untuk memulai bisa dari mana saja, karena awal mula pasti tidak memiliki data. Tetapi saat sudah memiliki data pengunjung, maka harus tetap memfokuskan apa yang diinginkan oleh pembaca.

Bonus

Kendati tidak memiliki data sama sekali, ada beberapa website yang dapat anda gunakan untuk memberikan ide konten.

  1. AnswerThePublic
  2. Ahrefs
  3. Google Keyword Planner
  4. SERanking
  5. Google Search Console

Kami telah menjelaskan 5 website tersebut di 8 Tools SEO Gratis Siap Pakai

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *