19 May 2024

13 Plugin WordPress Wajib Untuk Website

Untuk mendukung sebuah website pada wordpress, anda bisa meng-install plugin sesuai dengan kebutuhan. Plugin adalah module untuk menambahkan fungsi tertentu, dalam hal ini ke website berbasis wordpress. Pastikan anda sudah paham bagaimana cara membuat website dengan wordpress. Berikut adalah rekomendasi 13 plugin pilihan untuk website berbasis wordpress anda, yang sudah terbukti sangat bermanfaat dan menambah kualitas dan kapabilitas website anda:

Elementor

Elementor adalah plugin yang sangat populer sebagai website builder dengan tampilannya yang mudah, bahkan bagi yang masih awam sekalipun. Fitur drag and drop-nya sangat membantu penggunanya untuk membangun website sesuai dengan keinginan.

Yoast SEO

Search Engine Optimization atau SEO saat ini dinilai sangat penting bagi eksistensi sebuah website. Dengan adanya SEO, website anda akan lebih mudah terindeks di mesin pencari sehingga kemungkinan ditemukan oleh orang lain lebih tinggi, meningkatkan reputasi, hingga menambah penjualan. Jangan khawatir jika anda belum terlalu paham SEO, untuk itulah plugin ini ada. Kami mengumpulkan plugin wordpress untuk kebutuhan SEO.

Yoast Duplicate Post

Plugin ini memiliki fungsi yang penting, yakni untuk menduplikasi postingan apapun. Fungsi ini berguna agar anda bisa lebih leluasa mengedit postingan tanpa khawatir melakukan kesalahan. Seandainya ada kesalahan, file asli masih tersimpan dengan aman.

Captcha Code

Fungsinya adalah memperketat keamanan website anda agar terbebas dari spam atau bot. Pembaca atau pengunjung website anda diwajibkan mengisi kode captcha untuk aktivitas tertentu, misalnya memberikan komentar, mendaftarkan (sign up) atau masuk (sign in).

Custom Post Type UI

Plugin ini dapat membuat menu baru dengan sifat bawaan dari menu post. Bedanya menu baru tersebut memiliki jenis post yang berbeda. Hal ini berguna untuk mengkategorisasi jenis post seperti: portfolio, testimoni, dsb. Sehingga, postingan tidak gabung disatu menu saja.

Easy Table of Contents

Sesuai namanya, plugin ini berguna untuk membuat daftar isi dari postingan dengan mudah dan praktis. Selain mudah digunakan oleh administrator, daftar isi ini juga bermanfaat bagi pembaca agar bisa langsung menemukan informasi yang diperlukan.

WPCode

Sebelumnya, plugin ini bernama Header and Footer. Kedua istilah ini pasti sudah tidak asing lagi bagi anda pemilik website. Berfungsi untuk memasukkan kode ke header dan footer tanpa harus mengubah tema dan mengerti kodenya secara profesional. Salah satu contoh penggunaannya adalah saat ingin mengimplementasikan Google Analytics, Google Tag Manager, dsb

Redirection

Redirect atau pengalihan adalah tindakan untuk mengalihkan pengunjung website ke alamat URL lain dengan tujuan tertentu. Selain berguna untuk mengalihkan, plugin ini juga bertindak sebagai manager yang mampu menampilkan banyak informasi dari pengalihan yang telah dilakukan.

Plugin ini sangat berguna untuk para affiliator, atau yang sering melakukan optimasi URL untuk SEO. Anda juga dapat melacak URL mana saja yang diakses namun memberikan respon error 404

SiteGround Optimizer

Plugin ini berfungsi untuk mengoptimalisasi beberapa fungsi website agar tetap mampu mempertahankan performa website. Contohnya seperti penggabungan file-file JS dan CSS supaya kapasitasnya lebih kecil.

Plugin ini juga mampu melakukan caching untuk halaman HTML, supaya tidak perlu melakukan requery kedalam database.

UpdraftPlus WordPress Backup

Berfungsi untuk menyederhanakan proses backup dan restore yang sangat krusial dalam dunia website. Ada versi berbayar yang lebih memudahkan anda untuk menyimpan hasil backup ke barbagai situs.

WP Mail SMTP by WPForms

Sebenarnya, WordPress sendiri sudah menyediakan fitur mengirimkan email, namun fitur ini seringkali tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kebanyakan dikarenakan beberapa vendor web hosting tidak memperbolehkan pengiriman email tanpa menggunakan SMTP. Dengan plugin ini, wordpress akan selalu menggunakan pengaturan SMTP sebelum melakukan pengiriman email. Hal ini membuat pengiriman email menjadi lebih stabil.

WP Statistics

Sebagai pemilik website, tentunya anda ingin tahu informasi terkait pengunjung, misalnya jumlah, berasal dari mana, browser dan mesin pencari apa yang digunakan. Itu semua bisa anda dapatkan dengan mengandalkan plugin ini.

Untuk beberapa orang yang tidak terlalu terjun dalam digital marketing dan hanya perlu mengetahui traffic website secara sederhana, plugin ini dapat diandalkan.

Plugin ini tidak akan sebaik Google Analytics, namun jelas lebih sederhana.

WPForms Lite

Plugin ini membantu webmaster untuk membuat formulir online, seperti kontak, kritik dan saran, atau berlangganan. Semua ini bisa anda lakukan dengan hanya drag and drop saja.

Terdapat shortcode yang dapat digunakan di postingan manapun. Sangat fleksibel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perlu Website?

Kami sangat memahami kebutuhan client. Ceritakan apa tujuan yang ingin anda capai melalui website. Lakukan konsultasi gratis sekarang!
KONSULTASI!
© 2016 - 2024 Wevelope - Digital Agency For Your Business