Apa Itu Landing Page?

Apa Itu Landing Page?

Landing Page adalah sebuah halaman website yang dibuat khusus untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Berbeda dengan sebuah halaman homepage website yang membuat banyak hal.

Landing Page umumnya hanya berupa satu halaman website saja. Kata “Landing” sendiri selayaknya seperti pesawat yang “Landing” disebuah bandara. Dimana pesawat ini dapat kita sebut pengunjung, sedangkan bandaranya adalah Landing Page tersebut. Tentu anda masih ingat saat pertama kali sampai ke bandara, anda pasti langsung “dituntun” oleh petugas bandara. Setiap bandara memiliki aturannya sendiri.

Hal inilah yang dilakukan oleh “Landing Page” yaitu menuntun para pengunjung untuk melakukan sesuatu tindakan sesuai dengan penawaran dan desain dari landing page anda.

Apa Fungsi Landing Page?

Landing Page berguna untuk mengarahkan calon pelanggan untuk melakukan sesuatu. Di bab sebelumnya, kamu sudah menjelaskan dengan permisalan bandara dan pesawat.

Contoh lain juga bisa dengan seorang sales. Coba bayangkan jika anda didekati oleh sales, lalu tiba-tiba menawarkan barang kepada anda. Apakah anda mau? Iya, mungkin akan mau kalau memang anda sudah paham betul barangnya dan memang membutuhkan. Kalau tidak bagaimana?

Maka baiknya sales memperkenalkan diri, pendekatan, membuka obrolan singkat dan enteng, sebelum benar-benar membicarakan penawaran produk atau jasa yang mereka miliki yang mungkin dapat membantu anda.

Hal inilah yang dilakukan oleh Landing Page. Saat pengunjung datang, mereka pasti memulai membaca dari atas kebawah. Disinilah anda mulai menggunakan komunikasi yang mudah dipahami oleh calon pelanggan anda.

Apa Perbedaan Landing Page dan Homepage?

Setelah anda membaca bab-bab sebelumnya, pasti sudah sedikit paham apa perbedaannya dengan halaman homepage website.

Halaman homepage website umumnya menampilkan hal-hal umum tentang website tersebut. Tidak didesain khusus untuk pengunjung khusus.

Berbeda dengan Landing Page. Landing Page didesain khusus untuk pelanggan yang khusus pula. Misalkan, anda membuat Landing Page untuk berjualan barang ke ibu hamil, maka Landing Page didesain khusus untuk ibu hamil. Dimana ini akan meningkatkan konversi dari calon pelanggan menjadi pelanggan.

Contoh-Contoh Landing Page

Ada berbagai macam contoh landing page. Mulai dari desain yang menawarn hingga yang biasa saja. Tetapi perlu diingat desain yang bagus tidak serta merta menghasilkan konversi yang baik. Ada banyak faktor yang menentukan konversi ini. Mulai dari kualitas traffic hingga pemilihan kata dan posisi. Topik ini sering dinamakan Copywriting.

contoh landing page
Landing Page – Contoh 1
contoh landing page
Landing Page – Contoh 2

Gambar Landing Page diatas hanyalah bagian atasnya saja. Sebenarnya kalua discroll kebawah masih banyak lagi informasinya. Sehingga tidak mungkin jika dimuat disini. Paling penting anda sudah mulai paham tampilannya.

Siapa Yang Membutuhkan Landing Page?

Semua pembisnis yang ingin mengikatkan penjualannya lewat media website. Entah mulai dari hanya mencari fans pembaca berupa subscriber sampai ke produk fisik ataupun jasa.

Kapan Landing Page Dibutuhkan?

Saat anda sudah memiliki penawaran yang menarik dan ingin segera mendapatkan konversi. Landing Page harus segera dibuat. Jangan sampai pesaing anda yang membuat terlebih dahulu.

Kenapa Harus Menggunakan Landing Page? Saya Sudah Memiliki Halaman Website

Seperti yang sudah kami jelaskan di bab-bab sebelumnya, bahwa Landing Page dikhususkan untuk target pengunjung yang spesifik. Sehingga tingkat keberhasilannya juga akan semakin tinggi.

Bagaimana Cara Membuat Landing Page?

Tidak semua orang dibekali dengan pengetahuan tentang bahasa pemprograman. Oleh sebab itu, tidak banyak yang menerapkan hal ini, karena membuat Landing Page relatif mahal, karena Landing Page tidak hanya berupa halaman website saja, tetapi ada tata tulis dan desain yang dapat membuat calon pelangan percaya.

Tetapi jika anda ingin mencoba membuat sendiri. Kami pernah membuat sebuah tutorial cara membuat website tanpa harus coding. Anda bisa langsung baca Membuat Website Company Profile Dengan Google Sites.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code