Berapa Lama Proses Membuat Website?

Proses membuat website bisa bermacam-macam bergantung jenis websitenya. Website tidak melulu hanya company profile atau blog. Ada banyak jenis website contohnya seperti Marketplace semacam Tokopedia dan Shopee.

Untuk Wevelope sendiri rata-rata kami mengerjakan website berjenis company profile ataupun blog berkisar 4 – 12 minggu.

Untuk mendalami lebih lanjut berikut ini alur membuat website secara sederhana:

No.KeteranganLama Proses
1.Konsultasi1 – 4 minggu
2.Tahap Desain1 – 2 minggu
3.Pengajuan Desain1 minggu
4.Pengerjaan Website1 – 8 minggu
5.Revisi & Garansi4 minggu
Alur & Tahapan Membuat Website

Perlu diperhatikan untuk nomor 2 dan 3 kadang bisa sangat memakan waktu jika client tidak memberikan jawaban yang cepat dan tanggap, karena membuat website ini bukan hanya dari developer saja, tetapi perlu kerja sama antar kedua belah pihak.

Waktu yang Diperlukan Untuk Setiap Jenis Website

Tabel diatas adalah rangkuman dari website company profile hingga kompleks seperti toko online. Dalam bagian ini kami akan membedah untuk setiap jenis website, berapa kira-kira waktu yang dibutuhkan developer.

  1. Company Profile / Blog: 1 – 3 bulan
  2. Toko Online: 1 – 4 bulan
  3. Company Profile / Blog Kompleks: 2 – 4 bulan
  4. Marketplace: 3 – 12 bulan
  5. Sistem Informasi(MLM, NFT, PoS, ERP): 3 – 12 bulan
  6. Game Berbasis Web: 1 – 60 bulan

Sebagai penegasan, detail diatas hanyalah angka rata-rata, semua bergantung dari setiap agensi dan tingkat kesulitan dari sebuah website.

Perhatikan Fitur Penting Website

Kendati ini semua bergantung dari jenis website yang ingin dibuat tetap ada salah satu fitur yang sangat penting yang tidak dapat dilewatkan yaitu fitur dinamis untuk mengubah konten didalam website. Jangan sampai untuk mengubah konten didalamnya anda harus menghubungi agensi ataupun developer yang membuatnya.

Kenapa ini menjadi masalah? Bayangkan saat semua berjalan dengan baik dan kontrak sudah selesai, ada konten atau kata yang ingin diubah, atau malah ada typo pada website anda. Apa iya anda akan mengkontak agensi ataupun developer ybs? Perlu diingat, setelah kontrak selesai, bisa jadi kan ada biaya tambahan yang dibebankan untuk hal ini.

Bunyi Kontrak yang Perlu Diperhatikan

Berikut ini beberapa bunyi atau pasal kontrak yang perlu diperhatikan saat melakukan kerja sama membuat website:

  1. Layanan purna jual: Pastikan ada pelayanan berkala setelah perjanjian jual-beli berakhir. Walaupun ini seperti menambahkan beban biaya, tetapi ini sangat penting. Berikut ini kami membahas Bahaya Membeli Software Beli-Lepas
  2. Domain & web hosting dapat diambil alih saat kontrak sudah berakhir. Pastikan poin ini tidak dikenakan biaya tambahan
  3. Admin panel: Pastikan website memiliki admin panel dimana pemilik website dapat mengubah konten disebuah website. Walaupun tidak semua website memerlukan hal ini, tetapi pastikan terlebih dahulu apakah memang benar-benar tidak dibutuhkan? Karena ini akan sangat bermanfaat dimasa depan.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *