Apa Itu SEO dan SEM?

SEO

Search Engine Optimization(SEO) adalah sebuah usaha untuk memperbaiki relevansi sebuah website atau bagian website pada kata kunci tertentu. Hasil akhirnya adalah website anda sering muncul di halaman pertama Google, dengan harapan goal yang anda inginkan dapat tercapai.

SEM

Search Engine Marketing(SEM) adalah sebuah usaha mengiklankan website dengan bantuan Search Engine. Website yang melakukan pengiklanan akan muncul berdasarkan kata kunci yang sudah ditarget. SEM tidaklah gratis, melainkan berbayar. Contoh produk google yang menawarkan hal ini adalah Google Ads(dahulu bernama Google Adwords).

SEM sendiri tidak terkait dengan Google saja. Google hanyalah salah satu contoh. Ada search engine lain, misalnya Bing! yang dimiliki oleh Microsoft. Untuk saat ini Google masih mendominasi untuk pasar search engine.

Contoh Penggunaan SEM

Berikut ini adalah salah satu contoh penggunaan SEM pada Google

contoh google adword
Contoh Penerapan SEM

Kita sering menyebutnya Organic Traffic dan Paid Traffic. Organic Traffic untuk SEO, sedangkan SEM adalah Paid Traffic.

Mana yang Lebih Baik?

Tidak ada yang lebih baik, dua-duanya memiliki kelebihannya masing-masing. Tetapi untuk jangka panjang pasti Organic Traffic atau SEO adalah pilihan terbaik. Kita tidak bisa bergantung sepenuhnya dengan iklan berbayar, karena semakin hari semakin mahal.

Tabel Perbandingan SEO & SEM

Untuk lebih menjelaskan perbedaan keduanya mari kita lihat tabel dibawah ini:

VariabelSEOSEM
BerbayarGratisBerbayar
Target AudienceSulit untuk diaturMudah untuk diatur. Google menyediakan demografi yang sangat mendetail
KecepatanButuh waktu. Google membutuhkan waktu untuk meng-index sebuah halaman website.Cepat. Google akan langsung menayangkan iklan anda sesuai dengan spesifikasi iklan.
Jangka WaktuLebih lama. Halaman yang sudah ter-index dan menempati posisi pertama, relatif lebih lama bertahan disana.Relatif. Jangka waktu iklan akan bergantung dari pengaturan dan berapa biaya iklan yang dikeluarkan.
AnggaranWaktu & tenaga. Meskinpun terkesan Gratis, tetapi sebenarnya tidak juga. Masih perlu investasi waktu dan tenaga untuk membuat konten yang menarik.Uang. Tidak peduli seberapa jelek konten yang akan diiklankan, Google hampir akan selalu memunculkan konten yang diiklankan.
CTR(Click Through Rate)Lebih besarLebih kecil. Pengguna search engine lebih cenderung anti dengan tulisan “Ads” didepannya.
Tabel Perbandingan SEO & SEM

Berapa Biaya Search Engine Marketing(SEM)?

Biaya SEM sangat bergantung dengan negara mana yang ingin ditujuh. Untuk negara Indonesia sendiri kisarannya adalah Rp100 – Rp10.000/klik.

Harga kliknya sangat bergantung dari kata kunci yang ditujuh dan persaingannya. Jika banyak yang memasang di kata kunci tersebut maka harga akan semakin tinggi. SEM umumnya menggunakan sistem lelang, sehingga harga klik tertinggi akan didahulukan.

Berapa Biaya Search Engine Optimization(SEO)?

Mungkin akan bertanya, “Bukannya SEO gratis ya?”

Iya betul memang SEO gratis, tetapi yang berbayar sebenarnya adalah tenaga penulisnya. Bahkan jika anda sendiri yang menulis, itu akan memakan waktu, dan waktu membutuhkan biaya dalam menulisnya.

Untuk website level corporate, pasti memiliki penulisnya sendiri disetiap bidang yang ingin disasar. Contohnya konten tentang SEO, maka akan menggunakan penulis yang paham betul tentang SEO. Hal ini ada biayanya tersendiri.

Penutup

Dengan memahami perbedaan SEO dan SEM dapat membantu anda dalam mengambil keputusan. Tidak ada yang lebih baik dari yang lain. Mereka memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *