Apa Itu Email/Mail Hosting?

Email sendiri adalah hal wajib untuk era digital saat ini, dimana banyak sekali manfaat yang kita bisa dapatkan dengan menggunakan email. Dengan menggunakan email kita bisa berkomunikasi satu sama lain tanpa perlu menulis tangan, amplop dan pergi ke kantor POS. Email dapat mengirimkan berbagai macam bentuk file berupa: teks dokumen, gambar, video, musik, rar, dan lain-lain. Dari urusan social media, aplikasi chatting, perbankan, sign up sebuah aplikasi dan lain sebagainya membutuhkan email untuk bisa merasakan banyak sekali manfaat dan pengalaman yang menarik bagi para pengguna dunia digital di era sekarang ini.

Buat anda yang pernah menggunakan Web Hosting, hal ini mirip, hanya saja hosting ini dikhususkan untuk menangani lalu lintas email pribadi/organisasi anda.

Sekarang kita akan membahas sesuatu yang wajib kita ketahui bagi setiap orang yang ingin membangun sebuah usaha ataupun bisnis untuk dikembangkan ke depannya, yaitu email hosting. Email hosting merupakan sebuah layanan yang dimana penggunanya dapat memiliki domain dan hosting secara personal atupun organisasi. Dengan email hosting kita bisa membuat email dengan nama kita sendiri, nama karyawan kita, nama tim kita, serta admin kita. Anda bisa membuat sesuai dengan kemauan anda dan tim. Sebagai contoh, misalkan anda bekerja sebagai admin di perusahaan wevelope dengan alamat domain https://www.wevelope.net. Anda bisa menggunakan nama admin@wevelope.net sebagai alamat email anda dan sebagainya. Sebuah hal yang menarik bukan untuk memiliki alamat email yang unik dengan nama perusahaan ataupun yang berhubungan dengan branding bisnis anda?

Berikut adalah manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan email hosting sebagai berikut:

Menguatkan Brand Anda

Dengan embel-embel nama brand anda pada alamat email, otomatis akan meningkatkan kepercayaan orang atau pun customer yang ingin bekerjasama dengan anda. Selain itu, nama domain anda akan otomatis terbaca dan besar kemungkinan diingat oleh penerima email daripada menggunakan akhiran email seperti gmail, yahoo, dsb.

Fasilitas Backup Email

Terdapat fasilitas yang akan membackup email anda dengan aman. Berbeda dengan email pada umumnya seperti mengunakan gmail dan semacamnya, karena ini anda yang mengolah sendiri. Backup menjadi salah satu hal yang sangat penting. Hal-hal buruk bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Oleh karena itu fitur backup manual ataupun otomatis harus ada.

Saat kita memiliki data backupnya, akan mudah untuk mengembalikan data ke kondisi semula.

Kapasitas Ruang Penyimpanan

Tentunya dengan email hosting berbayar, anda akan mendapatkan kapasitas ruang penyimpanan yang lebih besar untuk dapat menampung email maupun file-file yang tersebut.

Namun, kapasitas ini terhitung dari semua pengguna. Ini mungkin berbeda dengan layanan seperti gmail dimana anda mendapatkan gratis sebesar 15 GB setiap orang, tetapi untuk email hosting bisa berbeda.

Setiap vendor akan memiliki skema harganya masing-masing, sebagai contoh Niagahoster. Mereka menggunakan skema harga 1 kapasitas yang dapat digunakan secara total untuk semua user. Jadi tidak terbatas banyaknya user, tetapi dibatasi kapasitas ruang penyimpanan.

Kamu bisa mendapatkan diskon sebesar 5% jika membeli menggunakan link khusus ini dari Wevelope.

Sistem Keamanan

Berbeda dengan menginstall email provider sendiri di server anda. Penggunakan Email Hosting yang siap pakai memiliki sistem keamanan jauh lebih baik daripada menggunakan server sendiri, kecuali jika anda memiliki tim ahli dalam mengolah keamanan server.

Support System

Jika terjadi kendala dan masalah dalam perjalanannya, jasa layanan hosting tersebut dapat anda hubungi setiap saat dalam waktu 24 jam. Mereka akan membantu dan melayani anda untuk menyelesaikan setiap masalah serta kendala anda.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *