21 April 2024

Apa Itu Email Hosting?

Email Hosting adalah layanan hosting yang dikhususkan untuk menangani permintaan email keluar dan masuk dengan Top Level Domain, sehingga dapat memiliki email dengan akhiran @namadomain.com. Berbeda dengan web hosting yang diciptakan untuk kebutuhan website.

Mengapa Menggunakan Email Hosting?

Padahal sudah ada yang gratis seperti Google? Pasti ada yang bertanya demikian. Seperti yang sudah kami jelaskan diawal bahwa dengan email hosting, dapat memiliki email dengan akhiran @namadomain.com.

Email Hosting Google Bisnis

Google sendiri juga memiliki layanan Email Hosting dengan perhitungan per email/pengguna. Jika dalam satu domain akan dibuat 5 akun sebagai contoh:

  1. nama1@domain.com
  2. nama2@domain.com
  3. nama3@domain.com
  4. nama4@domain.com
  5. nama5@domain.com

Maka akan dibebankan 5 kali biaya, karena terhitung ada 5 email.

Email Hosting Alternatif

Banyak alternatif lainnya selain Google dengan perhitungan yang berbeda. Contohnya adalah perhitungan kuota hosting.

Jadi, misalkan sebuah email hosting memiliki kuota hosting 25 GB, maka selama kuota itu masih ada, berapapun email yang dimiliki tetap diperbolehkan.

Kami lebih suka dengan skema seperti diatas, karena kami dapat membuat email sebanyak yang dibutuhkan. Jika kuota hosting kurang, maka tinggal upgrade.

Manfaat Menggunakan Email Hosting

Menggunakan Email Hosting memiliki manfaat tersendiri dibandingkan menggunakan email hosting gratisan. Berikut beberapa manfaatnya:

Menguatkan Brand Anda

Dengan embel-embel nama brand anda pada alamat email, otomatis akan meningkatkan kepercayaan orang atau pun customer yang ingin bekerjasama dengan anda. Selain itu, nama domain anda akan otomatis terbaca dan besar kemungkinan diingat oleh penerima email daripada menggunakan akhiran email seperti gmail, yahoo, dsb.

Fasilitas Backup Email

Terdapat fasilitas yang akan membackup email anda dengan aman. Berbeda dengan email pada umumnya seperti mengunakan gmail dan semacamnya, karena ini anda yang mengolah sendiri. Backup menjadi salah satu hal yang sangat penting. Hal-hal buruk bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Oleh karena itu fitur backup manual ataupun otomatis harus ada.

Saat kita memiliki data backupnya, akan mudah untuk mengembalikan data ke kondisi semula.

Kapasitas Ruang Penyimpanan

Tentunya dengan email hosting berbayar, anda akan mendapatkan kapasitas ruang penyimpanan yang lebih besar untuk dapat menampung email maupun file-file yang tersebut.

Namun, kapasitas ini terhitung dari semua pengguna. Ini mungkin berbeda dengan layanan seperti gmail dimana anda mendapatkan gratis sebesar 15 GB setiap orang, tetapi untuk email hosting bisa berbeda.

Setiap vendor akan memiliki skema harganya masing-masing, sebagai contoh Niagahoster. Mereka menggunakan skema harga 1 kapasitas yang dapat digunakan secara total untuk semua user. Jadi tidak terbatas banyaknya user, tetapi dibatasi kapasitas ruang penyimpanan.

Sistem Keamanan

Berbeda dengan menginstall email provider sendiri di server anda. Penggunakan Email Hosting yang siap pakai memiliki sistem keamanan jauh lebih baik daripada menggunakan server sendiri, kecuali jika anda memiliki tim ahli dalam mengolah keamanan server.

Support System

Jika terjadi kendala dan masalah dalam perjalanannya, jasa layanan hosting tersebut dapat anda hubungi setiap saat dalam waktu 24 jam. Mereka akan membantu dan melayani anda untuk menyelesaikan setiap masalah serta kendala anda.

Perbedaan Email Hosting Dan Web Hosting

Web Hosting memiliki fitur yang lebih banyak dan terkesan semua menjadi satu. Dari website, email, dsb. Namun karena semua menjadi satu fitur emailnya biasanya terbatas. Kuota hosting pun juga lebih mahal dibandingkan dengan Email Hosting.

Berbeda dengan Email Hosting yang memang hanya dikhususkan untuk email saja. Sehingga dengan harga lebih murah bisa mendapatkan kuota yang lebih banyak. Dengan kata lain harga kuotanya lebih murah.

Estimasi Biaya Email Hosting

Kami membaginya menjadi dua kategori:

  1. Dalam Negeri: Rp45.000 - Rp360.000/bulan
  2. Luar Negeri: $2.49 - $18/bulan atau berkisar Rp36.603 - Rp264.600,-

Berikut ini kumpulan daftar harga email hosting baik dari luar negeri ataupun dalam negeri.

Niagahoster
Google Bisnis

Kesimpulan

Jika kebutuhanya untuk bisnis, kami sarankan menggunakan email hosting untuk kebutuhan email. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas saat mengirimkan penawaran ke sebuah perusahaan.

Namun jika penggunaan hanya untuk hobi dan masih baru memulai, menggunakan email gratisan seperti gmail sudah tergolong cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perlu Website?

Kami sangat memahami kebutuhan client. Ceritakan apa tujuan yang ingin anda capai melalui website. Lakukan konsultasi gratis sekarang!
KONSULTASI!
© 2016 - 2024 Wevelope - Digital Agency For Your Business