Sudah Memiliki Website, Lalu Selanjutnya Apa?

Anda sudah memiliki website, lalu selanjutnya apa? Banyak orang berhenti hanya sampai disini. Mereka pikir memiliki website, semua keajaiban akan datang secara tiba-tiba, pengunjung akan datang secara tiba-tiba, penjualan akan mendadak naik signifikan.

Nyatanya? TIDAK

Anda berhasil membuat website hanyalah salah satu tindakan saja, dimana masih banyak runtutan tindakan-tindakan yang lainnya.

Apa yang harus anda lakukan setelah website anda sudah jadi? Promosi, promosi, promosi, promosi sebanyak-banyaknya.

Promosi, Promosi, Promosi

Promosi ini adalah pekerjaan yang tidak akan pernah habis, dan harus selalu dilakukan secara rutin untuk mempertahankan brand awarness pelanggan anda. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan website anda. Berikut adalah dua hal yang paling bisa anda pilih yaitu:

  • Search Engine
  • Social Media

Jika anda tidak memiliki banyak team dan belum siap dengan konten kreator, lebih baik pilih salah satu saja. SEO bisa sangat membantu anda untuk jangka panjang, tetapi SEO relatif lebih lama untuk melihat dampaknya secara langsung. Anda bisa membaca tentang Apa Itu SEO(Search Engine Optimization)?

Hal yang cukup “instan” adalah melalui Social Media. Anda bisa mulai membuat post dengan hashtag yang berkaitan dengan produk atau jasa anda. Anda bisa membaca Cara Mencari Hashtag Sesuai Industri Anda

Paid Traffic

Jika anda siap dengan dana promosi, ada baiknya anda mencoba Paid Traffic, dimana anda dapat membeli traffic paling relevan dengan industri anda yang dapat anda “belok” kan ke website anda. Harapannya supaya brand anda lebih dikenal atau bahkan bisa mendatangkan pembelian.

Kendati demikian, Paid Traffic cukup membutuhkan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu biasanya dikombinasikan dengan teknik List Building supaya data pelanggan yang masuk ke website anda, anda mendapatkan datanya.

Goalnya sederhana, pengunjung akan disuguhkan sebuah formulir dengan Penawaran yang menarik, contohnya produk gratis, diskon, voucher, e-book, dsb. Sehingga pengunjung tidak merasa keberatan untuk memasukkan data mereka.

subscribe form
Contoh Subscribe Form

Organic Traffic

Berbeda dengan Paid Traffic, traffic jenis ini adalah traffic yang didapatkan tanpa membayar. Tanpa membayar bukan berarti gratis, anda harus tetap melakukan sesuatu. Apa saja yang perlu anda lakukan?

  1. Konten Pada Website: Efeknya konten anda akan masuk ke search engine. Topic ini bernama SEO(Search Engine Optimization).
  2. Konten Pada Social Media: Efeknya brand anda akan semakin dikenal, semakin orang percaya dengan anda, semakin orang akan lebih mudah melakukan apa yang anda minta.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *