Kapan SEO Mulai Dikenal

Apakah anda sering menggunakan mesin pencari seperti Google, atau Yahoo untuk mencari informasi dalam kehidupan sehari-hari? Tanpa kita sadari kata kunci yang kita ketik dalam mesin pencari, biasanya sangat relevan dengan hasilnya. Semuanya ini tidak terlepas dari peran SEO dan saat ini SEO sudah semakin banyak dikenal oleh kalangan penulis artikel dan blogger.

logo google 2015
Logo Google 2015
logo yahoo 2019
Logo Yahoo 2019

Bagi anda yang sudah pernah menggunakan SEO atau belum. Apakah anda pernah berpikir, kapan SEO mulai dikenal sampai saat ini? Tetapi sebelum membahas tentang kapan SEO mulai dikenal, lebih baik anda mengetahui apa itu SEO, sejarah SEO, dan perkembangannya.

Apa Itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau optimisasi mesin pencari. Dilansir dari Wikipedia SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Jadi, SEO pada dasarnya berfungsi untuk mendapatkan sebuah halaman website ke posisi teratas dalam sebuah pencarian kata kunci di mesin pencari. Secara garis besar semakin baik situs web Anda dioptimalkan, semakin tinggi peringkatnya dalam hasil mesin pencari. Semakin tinggi peringkatnya, semakin tinggi potensi orang akan melihat dan mengkliknya.

Sejarah Singkat SEO

SEO sebenarnya sudah ada sebelum Google diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Dan diyakini SEO sudah ada pada tahun 1991, yaitu saat website pertama diluncurkan dan akhirnya berkembang memenuhi dunia internet.

larry page dan sergey brin
Larry Page dan Sergey Brin

Namun istilah SEO baru digunakan sekitar tahun 1997, tepatnya pada 26 Juli 1997 melalui sebuah SPAM yang diposting di USENET sebuah forum diskusi internet yang menjadi salah satu pelopor forum diskusi teknologi.

Pada tahun 1990, muncul sebuah mesin pencari bernama ARCHIE yang diklaim sebagai mesin pencari pertama. Lalu pada tahun 1993, Excite merevolusi bagaimana mengategorian informasi, dan pada tahun 1994, AltaVista, Yahoo!, dan lainnya juga ikut bergabung.

Namun, pada tahun 1996 SEO sangat meningkat ketika Sergey Brin dan Larry Page mulai membangun mesin pencari BackRub dan pada tahun 1997 mesin pencari BackRub resmi terdaftar pada domain. Akhirnya BackRub pada tahun 1998 mengubah namanya menjadi Google yang kita kenal sampai saat ini.

Evolusi SEO

Sama seperti halnya dengan teknologi yang selalu mengalami perubahan, demikian juga dengan SEO yang mengalami evolusi. Peraturan dan algoritma yang selalu berubah, membuat SEO berevolusi menjadi lebih disempurnakan lagi dibandingkan sebelumnya.

Proses evolusi pada mesin pencari pasti mengacu untuk menyajikan hasil pencarian yang lebih relevan dengan keyword terbaik bagi para pengguna mesin pencari.

1. Tahun 1991-2000, Era Kata Kunci

Pada tahun 1991-2000 merupakan era kata kunci, yang di mana pada masa itu algoritma hanya menampilkan halaman web yang berdasarkan relevansi kata kunci. Tetapi algoritma masa itu sering disalahgunakan dalam persaingan kata-kata kunci yang populer dan tergolong dalam “Black Hat SEO”.

2. Tahun 2001-2010, Era Backlink

Dalam masa selanjutnya tahun 2001-2010, merupakan era backlink. Pada dasarnya backlink adalah tautan pada sebuah halaman web yang mengarah ke situs lain.

Pada masa backlink, mesin pencari seperti Google akan menganggap backlink sebagai cara untuk memverifikasi otoritas dan relevansi pada website anda. Tetapi karena sering adanya penggunaan backlink-backlink yang disalah gunakan, pada akhirnya ini membuat pengelola mesin pencari kembali mengubah algoritmanya.

3. Tahun 2011-Sekarang, Era Konten

Pada akhirnya pada tahun 2011-sekarang adalah masanya era konten. Di masa ini, algoritma mesin pencari sudah semakin kompleks dan faktor-faktor pencari sudah semakin banyak.

Algoritma dibuat karena pengelola mesin pencari semakin sadar bahwa, kualitas konten di website harus menjadi faktor yang membuat halaman website muncul di halaman pertama.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

3 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *