CMS Gratis untuk Membuat Website

Salah satu hal yang sangat penting dalam membangun sebuah website adalah CMS. CMS merupakan singkatan dari Content Management System yang berperan besar dalam produksi konten digital pada website. Lantas, apa itu CMS? Singkatnya, CMS adalah sebuah aplikasi, tools, atau software yang bisa membantu pengguna untuk membuat, mengatur, dan mengubah konten pada website tanpa memerlukan hal-hal teknis seperti pemrograman. Dua jenis CMS yang kita kenal adalah Software as a Service (SaaS) dan Open-Source CMS. SaaS CMS merupakan CMS yang menyerahkan urusan data kepada pihak ketiga, sedangkan Open-Source CMS memberikan kendali terkait data kepada pengguna langsung, yang artinya CMS bisa diinstal di server mana saja, sesuai dengan keinginan pengguna. Kelebihannya, hal ini membuat pengguna memiliki kendali penuh terhadap websitenya sendiri.

Meskipun banyak sekali pilihan CMS yang bisa anda pertimbangkan, namun penting untuk memperhatikan kualitas agar tidak kecewa di kemudian hari. Berikut tiga CMS terbaik yang sudah teruji performanya:

WordPress.org

WordPress merupakan CMS yang paling banyak digunakan di dunia. Data dari w3techs.com menyebutkan, wordpress memiliki jumlah pengguna terbanyak di dunia dengan 64,2%. Salah satu faktor penyebabnya adalah kemudahan antarmuka wordpress, bahkan untuk awam sekalipun. WordPress juga sangat fleksibel, sehingga semua jenis website dapat dikelola melalui CMS ini. Tingkat keamanan juga bukan isu bagi wordpress. Belum lagi dukungan ribuan plugin yang siap mendukung anda, juga tema yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bukan rahasia umum, website yang didukung oleh wordpress juga memiliki Search Engine Optimization (SEO) yang baik, tanpa merepotkan pengguna. Salah satu contoh web yang menggunakan wordpress adalah Angry Birds, game terkenal di dunia yang sudah pasti anda pernah mendengar atau bahkan memainkannya.

wordpress - angry birds
Website Angry Birds yang colorful dan responsive

Selain dukungan dari wordpress sendiri, komunitas yang sangat besar juga akan membantu anda. Dengan banyaknya pengguna, maka anda tidak akan kesulitan untuk menemukan jawaban atas kendala, atau sekadar mencari tutorial tertentu sesuai dengan keperluan.

Joomla!

Bila WordPress mudah digunakan bahkan bagi pemula, maka Joomla lebih cocok digunakan untuk pengguna yang memerlukan CMS yang powerful. Biasanya, Joomla digunakan untuk membangun website forum, reservasi tiket, atau website yang memerlukan data inventaris yang rapi. Joomla memiliki puluhan kategori ekstensi, yang di dalamnya terbagi lagi menjadi ratusan ekstensi. Joomla juga sudah mendukung SEO-friendly, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan banyak usaha untuk menampilkan web di mesin pencarian. Salah satu contoh website yang menggunakan CMS Joomla adalah situs Hardvard University.

joomla harvard university
Situs pendidikan terkemuka dunia, Hardvard University menggunakan CMS Joomla untuk websitenya dengan tampilan simpel dan profesional.

Pengguna Joomla juga cukup banyak, sehingga dukungan komunitas pun siap untuk membantu anda. Bagi anda yang sangat memerhatikan tampilan, Joomla memiliki fitur unik yang mungkin akan anda suka, yaitu mampu memasang template Joomla yang berbeda di satu website.

Drupal

Drupal mengutamakan fitur berlimpah yang akan mendukung anda dalam optimalisasi website. Anda dapat menambahkan fitur-fitur dengan menggunakan modul, yang sejenis dengan plugin. Kemampuan kostumisasi juga mumpuni, sehingga anda bisa membuat website apapun dengan CMS ini. Komunitas pengguna Drupal cukup aktif, yang juga akan menguntungkan anda. CMS ini sangat cocok bagi para developer yang sudah terbiasa dalam membuat website yang spesifik. Contoh website yang menggunakan CMS Drupal adalah ebay, salah satu e-commerce terkemuka di dunia.

drupal ebay
Ebay mengedepankan tampilan yang clean dan informatif pada websitenya

Fitur yang mungkin sangat penting bagi anda adalah kemampuan Drupal dalam mendukung multi-bahasa dengan mudah. Tidak hanya itu, tema yang tersedia sangat fleksibel untuk dikostumisasi, sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan dan keinginan anda.

Di antara ketiga CMS berkualitas terbaik di atas, manakah yang paling menarik bagi anda?

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code