CMS Gratis Terbaik untuk Membuat Toko Online

Salah satu hal yang sangat penting dalam membangun sebuah website adalah CMS. CMS merupakan singkatan dari Content Management System yang berperan besar dalam produksi konten digital pada website. Lantas, apa itu CMS? Singkatnya, CMS adalah sebuah aplikasi, tools, atau software yang bisa membantu pengguna untuk membuat, mengatur, dan mengubah konten pada website tanpa memerlukan hal-hal teknis seperti pemrograman. Dua jenis CMS yang kita kenal adalah Software as a Service (SaaS) dan Open-Source CMS. SaaS CMS merupakan CMS yang menyerahkan urusan data kepada pihak ketiga, sedangkan Open-Source CMS memberikan kendali terkait data kepada pengguna langsung, yang artinya CMS bisa diinstal di server mana saja, sesuai dengan keinginan pengguna. Kelebihannya, hal ini membuat pengguna memiliki kendali penuh terhadap websitenya sendiri.

Salah satu fungsi CMS adalah untuk pengembangan online shop pada website. Dengan pesatnya perkembangan online shop saat ini, tidak heran bila banyak sekali pilihan CMS untuk online shop yang lebih profesional. Namun, sebenarnya yang sudah teruji kualitasnya hanya sedikit, terutama dari sisi kemudahan pengguna. Untuk menghemat waktu anda, berikut dua Open-Source e-commerce CMS yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya:

WordPress.org + WooCommerce

WooCommerce merupakan salah satu plugin e-commerce di platform WordPress yang paling terkenal dan umum digunakan. Selain mudah digunakan, WooCommerce juga memiliki beberapa kelebihan, di antaranya terjaminnya keamanan, kemudahan untuk menyesuaikan desain atau ukuran, serta banyaknya ekstensi gratis maupun berbayar yang tersedia. Meskipun WooCommerce merupakan open-source plugin, yang artinya bisa digunakan secara gratis, namun secara umum WooCommerce memiliki banyak sekali fitur yang akan menunjang online shop pada website anda. Dengan WooCommerce, anda bisa memantau perkembangan online shop anda pada mobile app. Selain itu, terdapat fitur rating dan ulasan yang tentunya berperan penting dalam perkembangan online shop anda.

wordpress + woocommerce
Sodashi merupakan brand produk kecantikan Australia bertemakan vegan dan animal cruelty-free. Website-nya simpel, semua informasi ditampilan dengan jelas

Dalam hal digital marketing dan promosi, WooCommerce juga unggul karena terhubung dengan facebook, yang sudah terkenal dengan kemampuannya menunjang online shop melalui Facebook Shop. Untuk meningkatkan kenyamanan calon konsumen online shop anda, anda juga dapat menambahkan tema, ekstensi, atau plugin berbayar. WooCommerce menyediakan banyak sekali pilihan tema, ekstensi, maupun plugin berbayar dengan jumlah download yang tinggi, sehingga performanya sudah pasti bisa anda andalkan.

Magento

Magento merupakan open-source CMS untuk online shop dengan kemampuan kustomisasi yang tinggi. Secara tampilan dashboard, Magento tampak lebih sederhana dibandingkan dengan open-source CMS yang lain. Namun, sebenarnya, Magento memiliki banyak sekali sub menu di bagian dashboard yang berfungsi untuk mengoptimalkan Search Engine Optimization(SEO). Merk-merk besar yang mempercayakan e-commerce mereka pada Magento adalah Nike, HP, dan Canon. Oleh karena itu, sudah bisa dipastikan keunggulan Magento secara kualitas. Kelebihan lain yang patut anda pertimbangan adalah dukungan bahasa yang bisa dengan mudah anda install.

magento
Nike menggunakan magento pada websitenya. Selain simpel, Nike juga menampilan video-vidoe yang menarik namun tetap memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan pada penunjung

Dari segi tema, Magento menawarkan tampilan yang lebih sederhana untuk e-commerce anda. Untuk dapat mengkustomisasi tampilan, anda memerlukan kemampuan pemrograman yang cukup tinggi. Hal ini justru dapat menguntungkan pengguna. Pengguna yang hanya memerlukan tampilan sederhana tidak akan kesulitan untuk mendapatkan tema sesuai dengan kebutuhannya. Begitu juga dengan brand besar yang sudah memiliki ahli di timnya, sehingga dapat mengkustomisasi tampilan dengan mudah. Namun, Magento memerlukan spesifikasi server yang cukup tinggi dibanding WordPress + WooCommerce.

Semoga ulasan di atas membantu anda dalam mempertimbangkan CMS mana yang bisa anda pilih. Selamat mencoba!

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code