Cara Membuat Blog

Blog adalah website yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan atau menyajikan sebuah informasi/opini/konten. Berikut akan kita ulas bagaimana cara dan persiapan yang harus dilakukan untuk membuat sebuah blog.

Tentukan Niche

Niche adalah sebuah ceruk/segmen/spesifik/bagian kecil/kelompok dari suatu target yang luas. Dengan menentukan niche akan membuat kita tahu sasaran/target yang mau kita tujuh atau capai dalam suatu market/pasar. Oleh sebab itu blog yang kita buat pun akan terarah dan efektif.

Menggunakan Layanan Berbayar atau Gratis?

Berikut adalah perbedaan, manfaat, kelebihan dan kekurangan antara layanan berbayar dan gratis yang bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan anda, sebagai berikut:

IndikatorGratisanBerbayar
HargaGratisRp300.000 – 500.000an
DomainTerdapat SubdomainTop Level Domain(TLD)
StorageRelatif Kecil/TerbatasRelatif Besar/Sesuai Kebutuhan
Template/TemaTerbatasBisa dari Berbagai Macam Sumber
PluginTidak Bisa MenambahkanBisa Menambahlan Plugin
BrandingTidak Terlihat ProfesionalTerlihat Profesional
PengelolaanRelatif MudahMembutuhkan Skill

Baca juga Daftar Harga Domain dan Hosting untuk mengetahui harga Domain & Hosting terkini.

Blog Gratis

Berikut adalah rekomendasi penyedia layanan blog gratis, yaitu: Blogger, WordPress, Medium, Wix dan Weebly. Berikut ini pembahasan Penyedia Layanan Blog Gratis

Untuk penggunaan layanan blog gratis kami menyarankan anda menggunakan wordpress.com. Berikut adalah alasan mengapa kami menyarankan anda untuk menggunakan wordpress.com sebagai berikut:

Gratis dan Mudah Dikelola

WordPress.com dapat anda gunakan dengan gratis alias tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. WordPress juga menggunakan CMS(Content Management System), sehingga memudahkan dalam mengelola blog anda sendiri.

Open Source

Karena open soure, sangat memungkinkan bagi para pengembang ataupun banyak orang untuk ikut bagian dalam mengembangkannya menjadi lebih baik dan sempurna. Juga wordpress juga memiliki fitur-fitur yang lengkap seperti: post, komentar, instalasi yang cukup mudah, galeri, kotak spam dan lain sebagainya.

Sistem Keamanan

Sebagai penyedia layanan website/blog yang telah lama digunakan dan diakui kredibilitasnya, membuat wordpress juga menyediakan fitur kemanan yang baik, sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna dan pecinta wordpress.

Mendukung Berbagai Macam Jenis Media

WordPress dapat mendukung file media berupa: .jpg, .png, gif, doc, pdf, mp3, mp4 dan lain sebagainya. Selain itu wordpress juga dapat melampirkan/menyematkan video Youtube, foto Instagram, Tweet dan lain-lain.

SEO(Search Engine Optimization) Support

WordPress diciptakan dengan strukur yang dapat memudahkan mesin pencari untuk menemukan website/blog anda.

Blog Berbayar

Namun jika anda menginginkan unutk menggunakan blog berbayar, anda perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

Memilih Web Developer/Software House

Kami pernah membahas lebih detail tentang hal ini di Perhatikan Hal-Hal Ini Dalam Memilih Software House. Anda akan lebih paham bagaimana cara memilih software house yang tepat.

Memilih Nama Domain

Kami pernah membahas lebih dalam tentang domain. Jika anda tidak begitu paham tentang domain bisa mengunjungi Apa Itu Top Level Domain(TLD)?

Memilih Web Hosting yang Tepat

Kami pernah membahas tentang 5 Web Hosting Terbaik di Indonesia. Disana anda dapat memahami bagaimana cra memilih web hosting yang tepat.

Buatlah 5-10 Artikel Pertama Anda

Buatlah 5-10 artikel yang baik dan menarik, kemudian upload/unggah pada blog anda. Agar membuat konten yang menarik anda bisa membaca Cara Membuat Konten Menarik Untuk Website

Promosikan Blog Anda

Berikut adalah beberapa metode/cara yang dapat anda lakukan untuk mempromosikan blog anda, yaitu:

SEO(Search Engine Optimization)

Membuat artikel tidak hanya sekedar membuat saja. Pastikan artikel yang anda buat membantu para pembaca. Baca selengkapnya tentang Apa Itu SEO(Search Engine Optimization)?

Social Media

Anda dapat mempromosikan blog anda melalui social media yang terkenal, seperti: Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, Whatsapp, Tiktok, dan lain sebagainya.

Forum

Selain social media juga dapat mempromosikan blog anda lewat forum-forum yang terkenal di Indonesia, seperti: Kaskus, Forum Detik, Forum Indowebster, Viva Forum, Quora, dan lain sebagainya.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *