Cara Membuat Blog untuk Keperluan Bisnis

Blog adalah website yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan atau menyajikan sebuah informasi/opini/konten. Berikut akan kita membahas cara membuat blog bisnis. Untuk lebih lanjut anda bisa mempelajari tentang Cara Membuat Blog.

Blog Bisnis

Blog Bisnis biasanya merupakan blog yang bertujuan untuk memasarkan sebuah produk/layanan dari sebuah bisnis yang dimiliki oleh pemilik blog. Dapat pula berupa produk yang disajikan adalah traffic itu sendiri, contohnya seperti portal berita, dimana mereka lebih memilih menjual-belikan iklan di website mereka.

Blog Bisnis biasanya membahas suatu topik yang pada ujungnya supaya terjadi penjualan produk/jasa dari pemilik blog. Misalkan saja sebuah blog yang memasarkan produk seputar dunia komputer, maka blog tersebut akan membahas bagaimana cara memilih komputer sesuai kebutuhan kita. Blog tersebut akan menjelaskan cara, kriteria, dan hal-hal penting yang perlu diperharikan mengenai pemilihan komputer sesuai dengan kebutuhan kita, dimana blog/website tersebut juga merupakan penyedia jasa perakitan komputer, menjual laptop, penyedia jasa pemasangan jaringan, dan lain sebagainya.

Manfaat Blog Untuk Keperluan Bisnis?

Blog sangatlah penting bagi sebuah bisnis, karena dengan adanya blog, kita bisa berkomunikasi serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pengunjung blog tersebut. Untuk mengetahui apa saja manfaat blog untuk keperluan bisnis, anda dapat membaca Apa Itu Blog?

Dalam hal ini mengapa Wevelope sampai repot-repot menulis sebuah blog/artikel untuk anda. karena dengan menulis sebuah blog/artikel, kami dapat meningkatkan traffic website yang membuat kami semakin dikenal oleh publik serta meningkatkan peluang-peluang dalam membangun sebuah bisnis. Selain itu juga dapat menjangkau lebih luas lagi, yang dapat berpotensi meningkatkan value dan kredibilitas.

Gunakanlah Blog Berbayar untuk Hasil yang Maksimal

Dengan blog berbayar anda dapat memaksimalkan blog/website anda dari segi kualitas, performa, storage, plugin, profesionalitas, kredibilitas, mendapatkan uang dari iklan, mendapatkan leads, nama domain pribadi, penglolaan blog sesuai kemauan anda serta fitur-fitur lainnya yang hanya bisa dilakukan oleh blog yang berbayar. Kita harus berani untuk berinvestasi untuk sebuah hasil yang lebih baik maupun untuk membangun sebuah bisnis.

Perlu anda ketahui menggunakan blog berbayar belum termasuk harga domain. Jadi pastikan anda sudah memahami hal tersebut.

Tentukan Ciri Khas/Kekhususan Anda

Tentukan ciri khas/kekhususan yang anda inginkan untuk diketahui dan dikenal oleh publik, karena dengan ciri khas/kekhususan akan menguatkan branding bisnis anda. Pengunjung menjadi mudah mengingat usaha/bisnis anda. Misalkan usaha/bisnis anda adalah specialty coffee.

Specialty Coffee adalah sebuah penilaian atau pengklasifikasian terhadap kopi yang memiliki aroma dan rasa yang istimewa. Singkatnya specialty coffee disajikan hanya untuk kalangan fanatik/pencinta kopi sejati yang mencari sebuah sensasi rasa dari sebuah kopi. Saat orang ingat kopi dengan rasa dan aroma yang berkualitas, orang akan mengingat brand anda, saat orang mengingat brand anda, orang akan mengingat usaha/bisnis anda yang menyajikan kopi dengan rasa dan aroma yang berkualitas.

Contoh Ciri khas/Kekhususan

Berikut kita akan membahas ciri khas/kekhususan mengenai usaha/bisnis specialty coffee dengan kualitas aroma dan rasa nikmat yang tinggi. Berarti sasaran/target yang ditujuh adalah orang-orang fanatik/pencinta kopi yang mencari kepuasan/kenikmatan rasa dan aroma dari sebuah kopi berkualitas tinggi.

Berarti dalam hal ini blog yang akan dibahas adalah seputar cara memilih biji kopi yang berkualitas, cara penyajian kopi, cara penyimpanan kopi, peralatan yang dibutuhkan untuk menyeduh, jenis-jenis kopi dan lain sebagainya.

Cara Mempromosikan Blog Anda

Metode Soft Selling

Soft Selling adalah sebuah metode penjualan tidak langsung, dimana anda tidak akan menawarkan produk/jasa anda secara langsung kepada seseorang, tetapi anda akan membahas mengenai sebuah topik terlebih dahulu, yang di dalam topik tersebut anda akan membahas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bisnis/usaha anda. Topik tersebut akan membuat para pengunjung blog anda akan merasa membutuhkan produk anda serta juga mendapatkan solusi untuk memenuhi kebutuhan/keinginan merka.

Berikut adalah contoh bagaimana anda bisa menerapkan metode soft selling ke dalam blog anda. Dalam hal ini usaha/bisnis anda adalah Specialty Coffee, maka anda akan menyajikan blog-blog mengenai cara memilih biji kopi yang berkualitas, cara penyajian kopi, cara penyimpanan kopi yang baik, peralatan yang dibutuhkan untuk menyeduh, jenis-jenis kopi dan lain sebagainya. Dari blog tersebut anda akan menciptakan cara pandang serta kebutuhan bagi para penikmat kopi sejati untuk menemukan kopi yang berkualitas tinggi dengan penyajian rasa dan aroma yang nikmat. Blog anda juga bisa menyediakan forum diskusi, kolom komentar serta informasi mengenai produk yang anda sediakan.

Metode SEO(Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization adalah sebuah usaha untuk memperbaiki relevansi sebuah website atau bagian website pada kata kunci tertentu. Hasil akhirnya adalah website anda sering muncul di halaman pertama Google, dengan harapan goal yang anda inginkan dapat tercapai. Untuk lebih detailnya dapat anda pelajari Apa Itu SEO(Search Engine Optimization)?

Gunakanlah Iklan Berbayar

Untuk hasil yang maksimal anda bisa menggunakan iklan yang berbayar, dimana iklan tersebut akan membantu anda untuk mempromosikan bisnis/usaha anda secara online. Anda bisa melakukan budgeting/penganggaran dana secara bertahap sesuai keinginan ataupun kemampuan anda.

Berikut adalah beberapa metode yang bisa anda pakai untuk menggunakan iklan berbayar, seperti:

  • Social Media: Anda bisa mengiklankan bisnis/usaha anda melalui media sosial yang terkenal dan sering digunakan oleh banyak orang seperti: Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube, Twitter, Linkedin dan lain sebagainya.
  • Google Adwords: Google Adwords adalah strategi/cara mengiklankan sebuah bisnis/usaha yang menggunakan mesin pencarian google dengan metode keyword/kata kunci, yang membuat bisnis/usaha anda ditampilkan dihalaman utama google.
contoh google adword

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *