Cara Membuat Blog Pribadi

Blog adalah website yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan atau menyajikan sebuah informasi/opini/konten. Berikut akan kita bahas cara membuat blog pribadi. Secara umum kami telah membahasnya di Cara Membuat Blog.

Blog Pribadi

Blog Pribadi adalah blog yang dibuat/dikelola dengan tujuan menuangkan gagasan/ide/opini/cerita/pengalaman penulis. Blog pribadi biasanya lebih menggambarkan kepribadian/hobi/kesukaan dari si penulis blog tersebut.

Blog Pribadi bisa juga digunakan sebagai ajang untuk personal branding bagi pemilik blog. Blog-blog yang dibuat bertujuan menguatkan karakter/kekhususan/spesifik mengenai pemilik blog sendiri. Hal ini akan membuat para pengunjung mengenal siapa anda, kesukaan anda, bahkan keahlian/kemampuan anda. Singkatnya jika para pengunjung masuk blog anda ingat anda adalah blogger pecinta kuliner, karena yang dibahas seringkali tentang kuliner. Jika blog anda sering membahas musik, maka image mengenai anda adalah seorang musisi hebat ataupun pecinta musik dan lain sebagainya.

Menggunakan Layanan Berbayar atau Gratis?

Berikut adalah perbedaan, manfaat, kelebihan dan kekurangan antara layanan berbayar dan gratis yang bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan anda, sebagai berikut:

IndikatorGratisanBerbayar
HargaGratisRp300.000 – 500.000an
DomainTerdapat SubdomainTop Level Domain (TLD)
StorageRelatif Kecil/TerbatasRelatif Besar/Sesuai Kebutuhan
Template/TemaTerbatasBisa dari Berbagai Macam Sumber
PluginTidak Bisa MenambahkanBisa Menambahkan Plugin
BrandingTidak Terlihat ProfesionalTerlihat Profesional
PengelolaanRelatif MudahMembutuhkan Skill

Tentukan Ciri Khas/Kekhususan Anda

Tentukan ciri khas/kekhususan yang anda inginkan untuk diketahui dan dikenal oleh publik, karena dengan ciri khas/kekhususan akan menguatkan personal branding anda. Dengan personal branding yang bagus, anda bisa memberikan ataupun mempengaruhi para pengunjung dengan hal-hal yang positif serta dapat memberikan inspirasi bagi para pengunjung untuk mengikuti jejak anda.

Contoh Ciri Khas/Kekhususan

Kita akan membahas lebih jelas mengenai ciri khas/kekhususan dengan sebuah contoh kasus. Misalkan anda adalah seorang musisi dengan memainkan instrumen drum. Berarti topik/temanya adalah “Musisi(Drummer)”, kemudian yang menjadi ciri khas/kekhususan adalah anda sebagai “seorang drummer yang memainkan aliran musik rock metal”.

Berarti dari contoh kasus di atas, anda akan membahas ataupun mempublikasikan blog-blog anda seputar aliran musik “rock metal”. Bagaimana anda membahas mengenai cara memainkan drumnya, teknik-teknik permainan drumnya seperti: penggunaan double pedal, kecepatan tangan dan kaki, permainan cymbals, para pemain drum dengan aliran metal terbaik dan lain sebagainya.

Cara Mempromosikan Blog Anda

Metode Soft Selling

Soft Selling adalah sebuah metode penjualan tidak langsung, dimana anda tidak akan menawarkan produk/jasa anda secara langsung kepada seseorang. Tetapi anda akan membahas mengenai sebuah topik terlebih dahulu, yang di dalam topik tersebut anda mengangkat sebuah masalah yang lagi viral atau relevan bagi kehidupan sehari-sehari beserta dengan solusi atau cara mengatasinya. Disini anda menciptakan sebuah kebutuhan dimana anda mempunyai solusi agar orang lain mau membeli produk ataupun memakai jasa anda.

Berikut adalah contoh percakapan yang kita bisa pelajari untuk lebih memahami mengenai soft selling.

Drummer: Halo bro, ngomong-ngomong kamu suka musik tidak?
People: Wah suka sekali.
Drummer: Suka musik apa nih?
People: Suka musik rock.
Drummer: Lho kok sama kayak aku.
People: Oh ya?
Drummer: Iya, biasanya dengerin lagu apa nih bro?
People: Lagu “metal”.
Drummer: Wow, aku juga suka sekali main drum pakai lagu itu bro.
People: Wow keren ya. Drummer toh ternyata.
Drummer: Iya bro. Aku juga lagi bikin-bikin lesson videos mengenai cara bermain drum dengan genre “rock metal”.
People: Wah keren!

Nah dari contoh percakapan diatas, jika orang yang bersangkutan tertarik, maka orang tersebut akan bertanya lebih detail kepada anda. Dari hal tersebut akan memungkinkan terjadinya percakapan yang lebih mendalam tentang produk/jasa anda.

Anda juga bisa menerapkan metode soft selling ke dalam blog anda, misalkan: sebagai seorang drummer aliran “rock metal” yang ingin menjual lesson videos mengenai cara bermain drum untuk aliran musik “rock metal”. Dalam hal ini anda juga dapat mencantumkan informasi mengenai lesson videos yang anda jual didalam blog anda, sembari anda tetap konsisten membuat artikel-artikel menarik seputar dunia musik lainnya. Berikut adalah contoh blog pribadi yang dapat anda lihat dari seorang musisi bernama Jimi Multhazam yang bisa menguatkan personal branding sebagai seorang musisi.

Metode SEO(Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization adalah sebuah usaha untuk memperbaiki relevansi sebuah website atau bagian website pada kata kunci tertentu. Hasil akhirnya adalah website anda sering muncul di halaman pertama Google, dengan harapan goal yang anda inginkan dapat tercapai.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *