Apa Permasalahan Penerapan Enterprise Resource Planning(ERP)?

Artikel ini adalah lanjutan dari Apa Itu Enterprise Resource Planning(ERP)? Anda dapat membaca artikel induk kami untuk mendapatkan gambaran besar apa itu ERP.

Kami sering kali mendapati bahwa dengan ERP atau komputerisasi dan otomatisasi dapat menghemat biaya produksi dan meningkatkan produktivitas. Hal itu tidak salah, tetapi jangan sampai melupakan kelemahan dalam sistem komputerisasi yaitu Sumber Daya Manusia(SDM) yang mumpuni.

Sumber Daya Manusia(SDM) yang Kurang

Dengan adanya sistem yang canggih otomatis SDM juga harus dapat mengimbangi kecanggihan sebuah software. Bahkan tidak jarang jika harus mengurangi dan mengganti SDM yang kurang memenuhi perubahan sistem ini.

Kami memiliki banyak sekali contoh nyata yang pernah kami alami, dimana kebanyakan SDM masih menggunakan sistem manual dan tidak pernah menggunakan komputer. Harapan client, software pokoknya bisa jalan.

Sama seperti pengendara sepeda dengan motor, minimal harus belajar cara mengoperasikan sepeda motor bagaimana. Berbeda lagi dengan motor kelas 500cc grand prix, pasti harus belajar lagi.

Infrastruktur

Kami juga pernah membuat sebuah software dimana, diperusahaan tersebut tidak ada tempat untuk dapat bekerja dengan tenang, semuanya terisi dengan barang-barang perusahaan.

Pada saat itu, sang operator harus menggunakan laptop atau PC untuk dapat bekerja dengan cukup efisien.

Selain lokasi, jaringan internet juga salah satu faktor penting untuk dipikirkan, karena seiring perkembangan zaman, teknologi cloud computing terbukti efisien digunakan. Anda dapat mengakses software anda dimanapun anda berada. Sudah jauh berkembang dibanding 10 tahun yang lalu.

Biaya Maintenance/Perawatan

Namanya sebuah software, perlu sebuah perawatan. Tidak ada didunia ini software yang dilepas ke pengguna dan bebas BUG. Hal inilah pentingnya anda mengalokasikan dana anda untuk ini, supaya software anda dapat terus berjalan dengan baik.

Memang ada beberapa Software House yang bisa beli putus dan hanya membayar sekali saja, tetapi perlu diingat, jika sesuatu terjadi, pastikan anda harus tahu siapa yang dapat membantu anda. Kami pernah membahas hal ini pada Bahaya Membeli Software Beli-Lepas.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code