Apa Itu MetaVerse?

Beberapa bulan yang lalu, Facebook melakukan perubahan nama menjadi Meta, dimana merepresentasikan MetaVerse. Lalu apa sebenarnya MetaVerse itu?

MetaVerse adalah teknologi dimana kalian bisa memiliki “kehidupan” secara digital, dimana kalian sebagai pemain ada didalamnya, bukan diluar. Berbeda dengan social media saat ini, dimana kita sebagai pengguna masih “diluar” sistem. MetaVerse memungkinkan kita masuk kedalamnya lewat bantuan teknologi Virtual Reality dan teknologi 3D.

Bagaimana Meta Menjelaskan MetaVerse Melalui Video

Bagaimana? Apakah sudah ada gambaran?

Untuk memperjelasnya, kami akan menunjukkan sebuah film yang paling mendekati bentuk MetaVerse. Sudah pernah pernah melihat film yang berjudul “Ready Player One”?

Ready Player One

Disana diceritakan bahwa kita semua, bisa bermain disebuah permainan game dan merasakan benar-benar nyata didalamnya. Kita dapat memiliki sesuatu yang benar-benar berharga di dunia maya.

Sebenarnya sekarang sudah ada yang namanya Virtual Land atau tanah digital, dimana kita bisa memperjual belikan tanah tersebut. Sebut saja dua platform yang paling populer tentang Virtual Land

  • Decentraland
  • The Sandbox

Sejarah

Sebenarnya kata “metaverse” sendiri sudah diperkenalan sejak tahun 1992 oleh Neal Stephenson pada novel Snow Crash, dimana gabungan antara “meta”(diluar) dan “verse”(dunia).

Implementasi & Kegunaan

Untuk saat ini belum banyak digunakan, tetapi Mark Zuckerberg sendiri memperdiksikan bahwa MetaVerse akan ramai 10 tahun mendatang, dimana orang-orang sudah banyak yang memiliki alat VR-nya sendiri.

Video Game

Seperti yang sempat kita singgung ada beberapa game yang sebenarnya sudah merepresentasikan MetaVerse walaupun belum semua aspek. Contohnya:

  • Second Life
  • Minecraft
  • Roblox
  • Decentraland
  • Fortnite

Dunia Virtual

Untuk implementasi Dunia Virtual masih belum banyak, salah satunya yang sempat diperkenalkan oleh Facebook adalah Facebook Horizon.

Facebook Horizon

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code