Apa Itu Konten? Seberapa Penting Dalam Digital Marketing?

Perkembangan teknologi yang tidak pernah berhenti, bahkan semakin pesat mengubah banyak hal dalam kehidupan. Salah satunya perihal pemasaran suatu barang atau jasa, jika dulu pemasaran identik dengan menyebarkan brosur di tempat keramaian, sekarang sudah sangat berbeda meski hal tersebut masih tetap berjalan.

Banyak brand besar yang mulai memanfaatkan teknologi dan juga media sosial untuk menarik perhatian masyarakat sebagai calon konsumen. Media sosial sendiri saat ini memang sangat digandrungi oleh masyarakat.

Sehingga akan sangat menguntungkan bagi sebuah brand jika mampu memanfaatkannya dengan baik. Lalu lewat apa sebuah brand mengenalkan produk atau jasa mereka di media sosial? Jawabannya adalah konten.

Konten bisa berupa gambar, video atau bahkan tulisan tergantung media sosial mana yang digunakan. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan konten? Dan seberapa penting konten dalam digital marketing? Mari kita cari tahu jawabannya.

Pengertian Konten

Konten adalah sebuah informasi yang ada di media sosial dan sengaja diposting oleh pemilik akun dengan tujuan tertentu, misalnya untuk mengenalkan produk baru, mengajak membeli produk atau jasa, atau hanya sekedar pemberitahuan kepada audiens.

Konten juga dapat diartikan sebagai salah satu media komunikasi antara pengguna dengan audiens. Konten sendiri jenisnya sangat banyak mulai dari konten yang bentuknya gambar misalnya feed Instagram, konten yang bentuknya video seperti story Instagram dan TikTok, atau konten yang bentuknya tulisan misalnya thread di Twitter.

Arti Penting Sebuah Konten dalam Digital Marketing

Mungkin Anda pernah mendengar kata-kata content is king atau konten adalah raja. Kata-kata tersebut tampaknya tidak salah untuk kondisi saat ini, dimana hampir semua brand yang melakukan iklan di media sosial sangat bergantung pada konten.

Karena, konten merupakan alat dalam mempengaruhi keputusan konsumen sebelum membeli produk atau jasa. Pasalnya dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 47 persen konsumen melihat empat sampai lima konten sebelum akhirnya mengambil keputusan.

Konten dan digital marketing sangat erat hubungannya, dimana konten akan membantu sebuah brand membangun reputasi brand tersebut secara online. Audiens akan dimanjakan oleh berbagai konten yang diberikan oleh sebuah brand. Dengan konten yang menarik dan juga membantu audiens maka akan tercipta brand trust.

Manfaat Konten Dalam Digital Marketing

Ada banyak manfaat dari konten bagi sebuah brand atau perusahaan yang sedang memabngun reputasinya melalui media sosial. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Brand Awareness

Dengan konten akan brand awareness dari sebuah brand atau kata lainnya orang mudah mengingat brand melalui konten yang dibuat.

Meningkatkan Penjualan

Dengan konten yang menarik dan juga bermanfaat bisa meningkatkan penjualan dari produk atau jasa yang diiklankan. Karena orang ketika melihat konten yang bagus cenderung akan melihat barang atau jasa tersebut dan akhirnya memutuskan untuk membeli.

Meningkatkan Loyalitas

Konten juga media untuk membangun dan juga menjaga hubungan antara konsumen dengan penjual, dengan adanya konten yang bermanfaat untuk konsumen akan membuat mereka menjadi konsumen yang loyal.

Strategi Konten Marketing

Setelah mengetahui pengertian dan juga manfaat dari konten dalam sebuah iklan di media sosial, kini saatnya mengetahui bagaimana menyusun strategi yang tepat. Dengan adanya strategi yang tepat maka akan dengan mudah mencapai tujuan yaitu peningkatan penjualan.

Strategi untuk setiap platform tentu akan berbeda-beda. Contohnya strategy konten marketing pada website tentu berbeda dengan sosial media. Strategi pada sosial media TikTok pasti berbeda dengan Instagram reels ataupun Youtube Short. Semua memiliki ciri khas masing-masing.

Namun kami memiliki formula pasti yang dapat membantu anda membuat konten yang disukai. Ingat, bukan konten yang berkualitas tinggi yang disukai, tetapi konten yang memberikan nilai tambah baik itu hiburan ataupun edukasi.

Riset Pasar

Lakukan riset pasar dengan berjalan-jalan ke para pesaing anda. Lihat dan cermati konten apa yang sangat diminati.

Buat Konten yang Lebih Menarik

Setelah anda mengetahui konten pesaing anda, saatnya membuat konten anda sendiri dengan sedikit lebih berbeda atuapun sedikit lebih baik

Volume dan Kuantitas

Kita belum berbicara tentang kualitas, tetapi tentang jumlah. Semakin banyak jumlah yang diproduksi dengan target market yang berbeda, semakin banyak jumlah view yang didapat.

Kulitas yang Cukup

Anda tidak perlu kualitas yang sangat memukau. Buatlah video dengan kualitas cukup saja, itu sudah dapat menarik perhatian para penikmat konten.

Ulangi

Ulangi 4 tahapan diatas sebanyak dan semasif yang anda dan tim bisa. Cepat atau lambat pasti ada sebuah konten anda yang viral. Ulangi terus, sampai itu menjadi sebuah kebiasaan baru.

Jika bisa memanfaatkan dengan baik teknik-teknik diatas bisa dimaksimalkan untuk mendapatkan uang dari internet.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *