6 Teknik SEO Sederhana yang Mudah Dilakukan

Seperti yang sudah anda ketahui, SEO sangat penting bagi anda yang ingin menaikkan traffic website anda, baik untuk mengenalkan bisnis anda atau meningkatkan penjualan produk anda. Sebelum lebih jauh ke teknik SEO, ada beberapa hal yang sudah harus anda pastikan agar SEO berfungsi secara optimal dan signifikan.

  • Loading website cepat. Hal ini dapat memberikan pengaruh terhadap pengunjung. Hal yang tidak disukai pengunjung hampir dapat dipastikan tidak akan berdampak baik terhadap SEO. Jadi sebelum melangkah lebih jauh, pastikan website berjalan dengan optimal dan cukup cepat.
  • Desain website yang mudah dibaca. Desain yang keren memang penting, tapi lebih penting memastikan desain halaman membuat pembaca nyaman dan tidak menemukan kesulitan untuk membaca konten anda.
  • Buat sitemap.xml. Hal ini akan memudahkan google dalam menemukan halaman-halaman yang penting dalam website anda. Baca Apa Itu Sitemap dan Kegunaannya
  • Pasang Google Analytics. Mengevaluasi website anda secara berkala sangat penting untuk mengetahui hal-hal apa yang bisa ditingkatkan. Google Analytics merupakan tools yang sangat berguna dalam memantau website anda, terutama yang berkaitan dengan pembaca atau pengunjung.
  • Setup Google Search Console. Google Search Console merupakan tools SEO gratis yang berfungsi untuk memantau kinerja SEO sebuah website. Fungsi-fungsi penting seperti keyword dan halaman populer dari website anda, darimana pengunjung berasal, atau perangkat apa yang pengunjung pakai, semuanya tersedia.

Setelah semua hal di atas sudah anda terapkan, saatnya menerapkan tips-tips sederhana SEO yang pasti mudah anda lakukan:

  1. Buatlah konten bermanfaat. Pastikan konten anda mampu menjawab pertanyaan yang pengunjung miliki, penuhi ekspektasi mereka dengan bahasa yang mudah dipahami dan langsung ke inti. Cara Membuat Konten Menarik Untuk Website
  2. Gunakan keyword yang tepat pada judul maupun isi artikel. Jangan sampai pengunjung justru tidak menemukan apa yang mereka cari di halaman website anda. Penggunaan keyword sangatlah penting, namun pastikan sesuai dengan isi konten anda. Jangan sampai membuat pengunjung merasa artikelnya hanyalah clickbait.
  3. Promosikan artikel anda. Jangan ragu untuk mempromosikan artikel anda di sosial media. Saat ini, pengunjung bisa datang dari mana saja.
  4. Perbarui artikel yang sudah usang. Usia artikel mempengaruhi kredibilitas isinya. Semakin baru, pengunjung akan lebih mempercayainya. Kami pernah membahas tentang dua jenis kategori konten yang penting anda pahami SEO: Konten Jangka Panjang (Evergreen) vs Sedang Trending
  5. Jangan lelah untuk membuat artikel. Kuantitas dan kualitas akan selalu berjalan beriringan. Oleh karnea itu membuat artikel secara rutin dengan kualitas yang “cukup”, dapat meningkatkan SEO website anda. Jangan khawatir dengan kualitasnya yang masih “cukup”, anda akan selalu dapat mengupdate untuk menjadi lebih baik.
  6. Tambahkan gambar yang menarik. Gambar merupakan hal penting untuk ‘mengistirahatkan’ pengunjung dari banyaknya tulisan. Dengan gambar, pengunjung juga bisa membayangkan konten dengan lebih mudah.
  7. Lakukan dengan konsisten. Bila sudah memenuhi hal-hal di atas, kami dapat menggaransi, traffic website anda akan naik secara signifikan dalam 3 bulan kedepan.

Jangan lupa, SEO merupakan hal yang perlu dipelajari terus menerus, serta tidak memberikan hasil secara instan. Pastikan anda nikmati prosesnya sebelum memetik hasilnya.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *