5 Aplikasi Gratis Pembuat Website Tanpa Coding

Seiring dengan pesatnya pertumbuhan pengguna internet, kebutuhan terkait internet juga meningkat drastis. Salah satu kebutuhan mendasar dari aktivitas daring adalah website. Website merupakan halaman yang berisikan informasi yang bisa ditemukan saat kita berselancar di dunia maya dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Berdasarkan data dari Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI), hingga Februari 2021 saja sudah tercatat hingga 500.000 pengguna domain dot id (.id) di Indonesia. Jumlah ini tentu saja bertambah pesat bila dijumlahkan dengan pengguna yang memakai domain lain.

Meskipun jumlah pengguna semakin banyak, terdapat beberapa hal yang masih membuat pengguna internet di Indonesia ragu untuk membangun sebuah website, salah satunya adalah tingkat kesulitan yang tinggi.

Dalam membangun sebuah website, diperlukan pemahaman terkait pemrograman yang cukup, sehingga sebagian besar pengguna sangat bergantung pada jasa programmer. Padahal, sebenarnya ada jalan lain untuk mempermudah dalam pembuatan website, bahkan untuk yang masih awam sekalipun. Tools ini disebut web builder, yaitu software atau aplikasi yang membantu penggunanya untuk membangun website dengan template yang bisa dikustomisasi, tanpa coding sama sekali.

Umumnya, tampilan web builder sangat mudah dimengerti, terutama bagi pengguna yang sudah terbiasa dengan blogging. Jangan salah, meskipun terdengar sangat powerful dan berguna, ada beberapa web builder gratis yang bisa anda manfaatkan, sehingga tidak perlu merogoh kocek lebih untuk membangun website. Simak lima aplikasi gratis pembuat website tanpa coding yang siap membantu anda dalam waktu singkat dan mudah.

WIX

wix homepage

WIX merupakan salah satu web builder paling terkenal. Tampilannya simpel, sehingga mudah dipahami oleh siapa saja. WIX memiliki lebih dari 800 template website yang bisa dikustomisasi. Template-template ini sudah dikategorisasi berdasarkan kebutuhan penggunanya. Contohnya, anda bisa dengan mudah menemukan template website untuk portofolio, bisnis, blog, galeri, atau bahkan pendidikan. Semuanya gratis. Meskipun begitu, bagi anda yang menginginkan tampilan lebih profesional, WIX juga memberikan pilihan untuk membayar tenaga profesional, mulai dari developer, desainer, SEO specialist, dan lainnya, sesuai dengan kebutuhan anda.

Webflow

webflow homepage

Webflow mengklaim sudah lebih dari 3,5 juta desainer yang menggunakan jasa mereka untuk membangun website. Tidak berbeda jauh dengan WIX, Webflow juga menyediakan banyak template yang sesuai dengan berbagai kebutuhan penggunanya. Yang menarik, Webflow juga menyediakan course yang diperuntukkan bagi desainer yang berniat mengonversi desain website dari figma ke Webflow. Selain itu, Webflow juga menyediakan opsi untuk hire ahli.

Carrd.co

carrd.co homepage

Agak berbeda dengan dua web builder sebelumnya, carrd.co tidak menyediakan opsi hire professionals. Bila menginginkan tampilan yang lebih profesional, anda bisa meng-upgrade carrd anda menjadi Pro, hanya dengan 19 dollar per tahun untuk mendapatkan fitur-fitur spesial. Fitur dari Pro yang paling menarik tentu saja hilangnya “Made with Carrd” dari footer website. Hal menarik lainnya dari carrd.co adalah pengguna tidak perlu membuat akun untuk bisa menggunakan fitur gratis milik mereka.

Carrd.co lebih cocok untuk digunakan website satu halaman seperti company profile sederhana, landing page, dsb. Jangan salah dulu, disinilah kelebihan Carrd.co, yaitu kesederhanaannya. Untuk paket free, nama website akan menggunakan subdomain dari carrd.co

Ucraft

ucraft homepage

Ucraft menyediakan banyak template website yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Mereka juga menyediakan opsi untuk akun berbayar dengan kelebihan yang bisa diketahui di halaman “Pricing”. Uniknya, Ucraft memiliki halaman “Made with U” yang menampilkan koleksi template dari pengguna. Hal lain dari Ucraft adalah adanya blog yang berisikan tips dan trik, panduan bagi pengguna, atau tulisan inspiratif lainnya.

Website.com

website.com homepage

Website.com membagi produknya menjadi tiga yaitu website, online store, dan restaurant. Di website.com, pengguna juga bisa hire ahlinya bila ingin membangun website tanpa perlu usaha lebih. Jangan khawatir kebingungan sebelum menggunakan jasa website.com, karena situs ini memiliki FAQ yang akan mempermudah pengguna yang masih belum yakin atau paham terkait proses pada web builder ini.

Penutup

Membuat website hanyalah salah satu tahapan saja, masih ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk mendapatkan banyak pengunjung pada sebuah website. Berikut ini beberapa artikel yang mungkin membantu dalam mendatangkan pengunjung:

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *