10 Ecommerce Terbesar di Indonesia Tahun 2022

Dengan makin tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap berbelanja online, tidak heran jika perkembangan e-commerce kian pesat. Berdasarkan laporan dari Navigating Indonesia’s E-Commerce: Omnichannel as the Future of Retail, sebanyak 74,5 % konsumen Indonesia saat ini lebih banyak berbelanja online. Salah satu hal yang mengubah kebiasaan berbelanja konsumen adalah pandemik. Terbukti dengan lonjakan pembelanjaan online sebanyak 88% di 2021 pada e-commerce. Lalu, e-commerce apa saja yang menjadi favorit konsumen di Indonesia?

Tokopedia

tokopedia

Tokopedia masih menjadi raja e-commerce Indonesia sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009. Berdasarkan Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online (e-Commerce) Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022 melalui layanan survei digitalnya Tsurvey.id, Tokopedia merupakan platform paling dipercaya oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan perolehan sebesar 76%. Saat ini, Tokopedia bahkan sudah menjadi salah satu perusahaan terkuat se-Asia Tenggara. Selain user interface (UI) yang nyaman di mata, Tokopedia juga dibanggakan karena merupakan perusahaan lokal. Selain itu, Tokopedia dikenal sebagai perusahaan yang nyaman sebagai tempat bekerja. Baru-baru ini, Tokopedia berhasil menyabet penghargaan Best Place to Work Asia-Pasific 2022 di kategori Best Employee Support, yang juga menjadikan Tokopedia sebagai satu-satunya perusahaan Indonesia yang menang dalam penghargaan tersebut.

Shopee

shopee

Bila Tokopedia mengedepankan UI dan pengembangan UMKM, Shopee lebih fokus pada promo dengan target utama perempuan. Meskipun menjadi salah satu pemain paling muda, nyatanya, survei dari Populix menyatakan sebanyak 98% konsumen membeli produk kosmetik dari Shopee. Perusahaan asal Singapura ini pertama kali dikenalkan pada tahun 2015. Hingga akhir 2021, pengunjung harian Shopee mencapai 33,27 juta. Dalam pengembangannya, Shopee akhirnya melebarkan sayap sebagai penyedia layanan antar makanan di 2020 dengan nama Shopeefood.

Lazada

lazada

Lazada merupakan perusahaan asal Singapura, dirilis pada tahun 2012 di beberapa negara sekaligus di ASEAN. Lazada merupakan anggota dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce raksasa yang sudah terkenal di dunia. Meskipun di Indonesia popularitas Lazada tidak melebihi Tokopedia ataupun Shopee, namun di tingkat ASEAN Lazada cukup unggul, bersaing ketat dengan Shopee. Berbeda dengan Tokopedia maupun Shopee, Lazada justru melebarkan sayapnya pada Lazada Logistics yang bertujuan untuk membantu UMKM dalam manajemen stok dan inventori.

Bukalapak

bukalapak

Bukalapak merupakan perusahaan lokal yang awalnya fokus dengan jual-beli barang elektronik. Setelah berkembang pesat, Bukalapak mulai melebarkan sayap untuk penjualan dengan jenis produk lebih luas, serta menghadirkan Mitra Bukalapak yang bertujuan untuk membantu meningkatkan penjualan warung tradisional. Pada 2017, Bukalapak masuk ke dalam jajaran startup unicorn Indonesia. Hampir sama dengan Tokopedia, di 2022, Bukalapak mendapatkan penghargaan Best Company for Work 2022 dari HR Awards.

Orami

orami

Awalnya bernama Bilna, pada 2016 mereka re-branding menjadi Orami. E-commerce khusus kelengkapan bayi, ibu hamil, kecantikan, dan rumah tangga ini merupakaan perusahaan lokal yang pertama diperkenalkan pada tahun 2012. Orami sudah menambah layanan mereka terkait konten dan jaringan komunitas yang dikhususkan untuk orang tua. Pada 2021, Orami diakuisisi oleh Sirclo, yang juga merupakan perusahaan lokal.

Blibli

Blibli

Blibli merupakan perusahaan lokal yang diluncurkan pada 2011 di bawah naungan Djarum Group. Pada 2017, Blibli mengakuisisi tiket.com untuk mendukung ekspansinya di ranah traveling dan ticketing.

Ralali

ralali

Ralali merupakan perusahaan lokal yang diluncurkan pada 2013. Agak berbeda dengan e-commerce yang lain, Ralali merupakan wadah untuk mempertemukan vendor dan pelanggan. Awalnya, Ralali hanya fokus menjual produk MRO dan otomotif sebelum menambah kategori produk yang lain. Ralali juga menyediakan fitur untuk permohonan penawaran bila produk yang dibutuhkan tidak tersedia.

Zalora

zalora

Zalora pertama kali diperkenalkan di 2012. Perusahaan asal Singapura ini merupakan platform khusus untuk menjual produk fashion pria dan wanita dengan jaminan produk original. Bukan hanya Asia, Zalora bahkan melayani hingga 27 negara di seluruh dunia.

JD.ID

jd.id

JD.com berdiri di 2013 di Tiongkok yang awalnya menjual produk optik. Setelahnya, JD.com mendirikan cabangnya di beberapa negara, termasuk Indonesia dengan nama JD id di tahun 2015. Fokusnya adalah untuk menjual produk gadget limited edition dengan bekerja sama langsung dengan brand. Setelahnya, JD id mulai menjual produk kategori lain hingga saat ini.

Bhinneka

bhinneka

Bhinneka merupakan e-commerce yang lahir jauh sebelum maraknya perdagangan online. Dimulai dari distribusi mesin cetak, Bhinneka meluncurkan situs online pertama kali di tahun 1999. Hingga tahun 2008, Bhinneka masih fokus pada penjualan produk IT dan elektronik. Setelahnya, Bhinneka menjual produk dengan kategori yang lebih beragam, hingga detik ini.

Adakah e-commerce favorit anda?

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code